Saturday, September 28, 2013

Pengertian Definisi Karya Seni Rupa Murni (Pure Art atau Fine Art)


Pengertian Definisi Karya Seni Rupa Murni (Pure Art atau Fine Art) - Sebelumnya, dalam artikel kami tentang Seni Rupa Murni (Pure/Fine Art) dan Seni Rupa Terapan (Apllied Art), kami sudah menguraikan secara singkat tentang Perbedaan Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan. Nah, kali ini kami ingin menjelaskan lebih dalam tentang apa yang dimaksud dengan Karya Seni Rupa Murni atau Fine Art. (Untuk Seni Rupa Terapan, akan dijelaskan pada artikel selanjutnya)

Pengertian - Definisi Seni Rupa Murni (Pure Art / Fine Art)

Seni rupa murni biasa juga disebut dengan pure art atau fine art. Seni rupa murni merupakan seni rupa yang tidak memperhatikan unsur praktis, hanya dapat dinikmati hasilnya dan  tidak dimaksudkan untuk kepentingan lain. Seni Rupa Murni juga merupakan jenis karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan estetika atau nilai-nilai keindahan semata. Karya seni rupa murni dibuat untuk kepentingan mengekspresikan emosi atau perasaan penciptanya. Contohnya adalah lukisan, ukiran pada rumah adat, relief pada dinding candi dan lain sebagainya. Karya seni rupa murni diciptakan khusus berdasarkan kreativitas dan ekspresi pribadi pembuatnya.

Yang tergolong karya seni murni yaitu seni lukis, seni patung, Seni Keramik dan seni grafis. Keempatnya akan dijelaskan seperti di bawah ini:

Cabang Seni Rupa Murni
a. Seni Lukis



Seni lukis merupakan karya yang umumnya berbentuk dua dimensi dan dibuat di atas permukaan kertas, kanvas, dinding, kaca dan bahan lain yang memungkinkan untuk itu. Disebut dua dimensi karena hanya dapat dilihat dari satu arah saja. Lalu, bahan pewarna yang digunakan dapat menggunakan cat, tinta, arang, pensil, akrilik dan lain-lain. Ada pula karya seni lukis yang dibuat pada tubuh manusia yang lazim disebut body painting.

Teknik melukis dapat beragam. Secara konvensional dengan menyapukan bahan pewarna menggunakan alat berupa kuas, namun ada pula teknik melukis yang memanfaatkan plototan cat dari tubenya, atau bahkan dengan sapuan jari-jari tangan senimannya.

b. Seni Grafis



Seni grafis merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud dua dimensi. Seni grafis dapat dibuat dengan teknik sablon (cetak saring), cukil kayu (cetakan), etsa (pengasaman pada bahan metal), dan litografi (pencetakan dengan batu litho).


c. Seni Patung



Seni patung merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berbentuk tiga dimensi. Bahan yang digunakan untukmembuat patung, di antaranya kayu, batu atau logam. Karya patung yang besar biasa disebut seni monumental.

Seni patung merupakan karya seni rupa yang berbentuk tiga dimensi. Disebut tiga deimensi karena hasilnya dapat dinikmati dari beberapa arah pandang. dibuat dengan menggunakan berbagai media seperti, kayu, batu, semen, fiber, lilin, tanah liat atau bahkan es. Teknik membuat patung menyesuaikan dengan bahan yang dipakai, dengan cara membentuk dengan tangan, membutsir, memahat, ataupun dengan teknik cetak. Corak seni patung juga bermacam-macam, ada patung naturalis yang menggambarkan benda seperti wujud asli yang ada di alam, ada pula yang bercorak abstrak sehingga sulit dikenali bentuknya.

d. Seni keramik

 
Seni keramik dapat juga dikategorikan sebagai cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud tiga dimensi. Keramik dibuat dengan menggunakan bahan utama lempung, kaolin atau tanah. Hasil dari keramik juga berbagai macam, misalnya vas, kendi, piring, gambar dan lain sebagainya.

Baca juga artikel kami tentang:

1 comment:

  1. Karya lukisan 2d yg rumah itu sangat bagus seperrtinya menggunakan aliran naturalisasai..

    ReplyDelete