Wednesday, August 28, 2013

Klasifikasi Karya Seni Rupa Nusantara (Murni - Fine Art, dan Terapan - Applied Art)

Klasifikasi Karya Seni Rupa Nusantara (Murni atau Fine Art, dan Terapan atau Applied Art) - Sobat Jufry semua, seperti kita ketahui bahwa Indonesia adalah sebuah negara dengan gugusan pulau terbanyak dengan beragam suku bangsa dan adat istiadat yang kemudian melahirkan pula berbagai ragam karya seni rupa. Karya seni rupa yang ada di Indonesia (NUsantara) memiliki objek yang berbeda-beda. Ada yang menjadikan hewan, tumbuhan, manusia dan bagian dari alam lainnya sebagai objek karya seni rupa.

Berikut ini adalah Klasifikasi Karya Seni Rupa Nusantara

Berdasarkan bentuk dan kegunaannya, Seni Rupa dapat digolongkan menjadi dua, yakni:

1. Seni Rupa Murni (Fine Art)

Seni Rupa Murni atau Fine Art adalah karya seni rupa yang hanya dinikmati hasilnya, tidak dimaksudkan untuk kepentingan lain. Contohnya adalah lukisan, ukiran pada rumah adat, relief pada dinding candi dan lain sebagainya.

2. Seni Rupa Terapan (Applied Art)

Seni Rupa Terapan atau Applied Art adalah karya seni rupa yang dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, selain mempunyai keindahan atau memiliki nilai estetika tinggi, juga dapat digunakan secara praktis dalam kehidupan kita. COntohnya adalah kain, selendang, bangunan rumah adat, hasil kerajinan dan perabotan rumah tangga.



Bagaimana? sudah bisa membedakan? Kalau belum, praktisnya begini, Kalau seni rupa murni hanya bisa dilihat dan hanya untuk memperindah sesuatu, tetapi tidak bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau Seni RUpa Terapan, selain indah, juga digunakan dalam kehidupan dan aktifitas manusia.

Contohnya begini, Bangunan Rumah adat Toraja ditempati sebagai tempat tinggal manusia (dalam hal ini, rumah adat Toraja, yang disebut TONGKONAN, adalah seni rupa terapan), dan di setiap dinding rumah adat Toraja, ada ukiran-ukiran indah yang mempercantik rumah adat tersebut (Di sini, ukiran itu disebut seni rupa murni karena hanya untuk hiasan atau memperindah rumah adat).

 Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Klasifikasi Karya Seni Rupa Nusantara (Murni - Fine Art, dan Terapan - Applied Art), semoga bermanfaat.

Selanjutnya baca :
  1. Karya Seni Rupa Murni (Fine Art)
  2. Karya Seni Rupa Terapan (Applied Art) 
  3. Pengertian Gambar Ilustrasi dan Gambar Dekoratif

0 comments:

Post a Comment