Tuesday, December 11, 2012

Kelemahan Google Search Engine dan Google Sandbox Dalam Menanggapi Duplicate Content

Kelemahan Google Search Engine dan Google Sandbox Dalam Menanggapi Duplicate Content - Halo sobat peacock-lingan semua, kembali lagi hadir dengan membawa berita hangat seputar dunia blogging neh. Nah, kira-kira permasalahan apa lagi neh yang muncul berkalitan dengan Google? Baiklah tanpa pikir panjang lagi sobat peacock-lingan disini akan saya paparkan kelemahan atau kekurangan yang dimiliki oleh Google Search Engine ama Google SandBox nya. Mang ada yeah?


Ya ada pastinya. Dan yang paling menonjol dari kelemahan ini adalah bagaimana ketidak mampuan mereka dalam membedakan antara konten atau artikel yang original dan mana yang tidak. Seperti yang saya alami barusan. Saya masuk ke dalam draft blogger saya and menemukan bahwa pengunjung saya yang biasanya 16 atau 18 ribuan perhari lenyap!!! hanya tinggal 3 ampe 5 ribuan!!! betapa hancurnya hatiku melihat itu. Saya pun mencoba mencari tahu.

Langkah yang saya lakukan pertama adalah melihat artikel saya yang biasanya nongkrong di halaman 1 google. Toeeeiingg ... hilang semua cuy. Lalu saya lanjutkan dengan melihat ke Google Sandbox Checker, hasilnya diluar dugaan ... hampir semua artikel saya masuk Google Sandbox.

Usut punya usut, ternyata artikel saya di Copy Paste mentah-mentah lewat Feedburner oleh seorang Blogger yang kurang kreatif alias pencuri artikel dan meletakkannya di blognya yang beralamat di:

perangkat-pendidikan-gratis.blogspot.com

Nah, Itulah dia pencurinya bro. Padahal setelah saya cek langsung ke lokasi alamat si pencuri itu, yang muncul hanya bagian awal artikel saya karena memang saya setting di feedburner agar tampil short aja ... Eh kok malah blog saya yang diduga duplikat kontent dan akhirnya masuk ke Google SandBox!!! Ini kan tidak adil namanya!!!! masak yang kayak ginian Google gak bisa ngatasin seh ... pencuri artikel giniam harusnya dibumi hanguskan, loh kok malah di taruh di halaman 1 menggantikan saya yang terbuang...

Inilah salah satu kekecewaan saya ama Google. Mudah-mudahan blog saya dan semua artikel saya kembali terindeks dan kembali pula ke halaman 1 google. Saya miris melihat hal seprti ini ...

 Saran saya buat Google, sebelum memasukkan artikel orang ke Google SandBox karena dupplikat kontent, alangkah baiknya dicek dulu mana yang artikel Original dan Mana yang bukan. Kalo seperti kasus saya, semua orang bisa tahu karena sipencurinya hanya dapat sepenggal ayat pertama, sedangkan artikel saya kan asli dari awal ampe akhir ...

Piuuuuhhh.... hanya menunggu kebijaksanaan google deh

3 comments:

  1. kebanyakan malahan konten yang duplikasi yang posisinya lebih bagus, saya juga pernah mengalaminya nih..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Iya, saya juga heran, blog saya yang dulu juga ada yg copy lewat feed, tapi mudah2an posisinya tetap baik :) amin

    ReplyDelete