Friday, July 13, 2012

PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DAN MOTIVATOR SD, SMP, SMA, SMK

PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DAN MOTIVATOR SD, SMP, SMA, SMK - Artikel ini adalah bagian terakhir dari rangkaian artikel tentang Program Kerja Kepala Sekolah. Sebelumnya, saya udah share tentang Program Kerja Kepala Sekolah dalam beberapa aspek yaitu sebagai Edukator atau Pendidik, Sebagai Manager dan Administrator, sebagai Supervisor dan Leader atau Pemimpin. Dan yang terakhir adalah aspek Kepala Sekolah sebagai Inovator dan Motivator. Yang terakhir ini adalah kunci untuk menghidupkan suasana yang kondusif dan hidup serta mengikat kekeluargaan sekaligus juga indikator akan suksesnya sebuah pimpinan.

Untuk itu, sebagai kepala sekolah, untuk aspek ia sebagai inovator dan motivator, ia dapat merumuskan program kerjanya misalnya seperti di bawah ini:

Aspek-Aspek:

A. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR

1. Kemampuan mencari / menemukan  gagasan baru untuk pembaruan sekolah 
Indikator:
a. Mampu mencari gagasan
b. Mampu memilih gagasan

2. Kemampuan melakukan pembaruan di sekolah 
Indikator:
a. Mampu melakukan pembaruan di bidang KBM / BK 
b. Mampu melakukan pembaruan di bidang pengadaan dan pembinaan guru dan karyawan
c. Mampu melakukan pemabaruan di bidang kegiatan ekstrakurikuler
d. Mampu melakukan pembaruan dalam menggali sumber daya di BP2 dan masyarakat  


B. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR


1.  Kemampuan mengatur lingkungan kerja / fisik
Indikator:
a. Mampu mengatur ruang kantor yang konduktif untukbekerja
b. Mampu mengatur ruangkelas yang konduktif untuk KBM dan BK
c. Mampu mengatur ruang laboratorium yang konduktif untuk pratikum
d. Mampu mengatur ruang perpustakaan yang konduktif untuk belajar
e. Mampu mengatur halaman lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur

2. Kemampuan mengatur Suasana kerja ( non fisik )
Indikator:
a. Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru
b. Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama karyawan
c. Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara guru dan karyawan
d. Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara sekolah dan lingkungan

3. Kemampuan menerapkan Prinsip penghargaan dan Hukuman
Indikator:
a. Mampu menerapkan prinsippenghargaan ( reward )
b. Mampu menerapkan prinsip - prinsip (permuslument)
Selain Program Kerja Kepala Sekolah sebagai Inovator dan Motivator, masih banyak lagi yang harus dibuat berdasarkan posisinya, yaitu:

Selanjutnya, tetap stay tuned di peacock-lingan

0 comments:

Post a Comment