Sunday, July 1, 2012

Karakteristik Guru Menurut Draf Kurikulum Berbasis Kompetensi (2001)

Karakteristik Guru Menurut Draf Kurikulum Berbasis Kompetensi (2001) >>> Dalam postingan sebelumnya, kita sudah membahas beberapa karakter yag harus dimiliki oleh seorang guru yang layak untuk disebut sebagai guru profesional. Sudahkah anda menjadi guru yang profesional? Nah kali ini akan kita bahas Karakteristik Guru Menurut Draf Kurikulum Berbasis Kompetensi (2001).

Karakteristik Guru Menurut Draf Kurikulum Berbasis Kompetensi (2001) antara lain memiliki karakteristik sebagai berikut:
  1. Selalu membuat perencanaan konkrit dan detail yang siap dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Berkehendak mengubah pola pikir lama menjadi pola pikir baru yang menempatkan siswa sebagai arsitek pembangunan gagasan dan guru berfungsi untuk “melyani” dan berperan sebagai mitra siswa agar peristiwa belajar bermakna berlangsung pada semua individu.
  3. Bersikap kritis dan berani menolak kehenddak yang kurang edukatif
  4. Berkehendak mengubah pola tindak dalam menetapkan peran siswa, peran guru, dan gaya mengajar. Peran siswa digeser dari peran sebagai “konsumen” gagasan ke peran sebagai “produsen” gagasan. Peran guru harus berada pada fungsi sebagai “fasilitator”. Gaya mengajar lebih difokuskan pada model pemberdayaan dan pengkondisian daripada model latihan dan pemaksaan.
  5. Berani meyakinkan kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat agar dapat berpihak pada mereka terhadap beberapa inovasi pendidikan yang edukatif, yang cenderung sulit diterima oleh awam dengan menggunakan argumentasi logis dan kritis.
  6. Bersikap kreatif dalam membangun dan menghasilkan karya pendidikan, seperti pembuatan alat bantu belajar, analisis materi pembelajaran, penyusunan alat penilaian yang beragam, perancangan beragam organisasi kelas, dan perancangan kebutuhan kegiatan belajar lainnya.
Terimakasih sudah membaca artikel Karakteristik Guru Menurut Draf Kurikulum Berbasis Kompetensi (2001) ini, semoga bermanfaat, saran dan kritik membangun ditunggu dari pembaca. | by Peacock

0 comments:

Post a Comment