Monday, June 4, 2012

Perubahan Wujud Benda: Mencair (Melebur), Membeku, Menguap, Mengembun dan Menyublim

SAINS >> Perubahan Wujud Benda: Mencair (Melebur), Membeku, Menguap, Mengembun dan Menyublim >> Setelah membaca artikel Perubahan Wujud Benda: Mencair (Melebur), Membeku, Menguap, Mengembun dan Menyublim ini, saya berharap kalian sudah dapat mendeskripsikan perubahan-perubahan wujud benda dari wujud cair menjadi padat, padat menjadi cair, cair menjadi gas, gas menajdi cair, dan padat menjadi gas.

1. MENCAIR atau MELEBUR

Peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair dinamakan mencair atau melebur. Contoh perubahan Zat Padat Menjadi Zat Cair misalnya es dalam sirup lama-lama berubah menjadi air. Juga mentega yang dipanaskan di wajan berubah menjadi minyak.




2. MEMBEKU
Perubahan wujud benda cair menjadi benda padat disebut dengan MEMBEKU. Es adalah bentuk atau wujud dari air dalam bentuk padat. Air dapat membeku apabila mengalami penurunan suhu yang sangat dingin.




3. MENGUAP
Peristiwa berubahnya zat cair menjadi gas disebut penguapan. Penguapan terjadi apabila terjadi kenaikan suhu yang besar. 

Terdapat 4 cara untuk mempercepat terjadinya penguapan, yaitu: Memanaskan, Memperluas permukaan, Meniup udara di atas permukaan, dan menguranig tekanan di atas permukaan. Prinsip penguapan ini kemudian dipakai sebagai dasar untuk membuat AC dan Kulkas.

4. MENGEMBUN

Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair. Mengembun merupakan kebalikan dari menguap. Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor.

Secara sederhana, dapat kita lihat minuman dingin seperti es teh. Kalau kita amati dengan seksama, permukaan luar dari wadah minuan es tersebut menjadi basah. Mengapa? Karena uap air dalam udara yang menyentuh gelas mengembun. Hal ini disebabkan suhu gelas lebih rendah dari pada suhu uap air di sekitar gelas.

5. MENYUBLIM
Menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya. Juprimalino.blogspot.com. Untuk mebedakannya, kamu bisa menggunakan istilah melenyap dan mengkristal.

Melenyap adalah peristiwa perubahan wujud padat menjadi gas.

Mengkristal adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi padat.

Contohnya adalah kapur barus.

Terima kasih anda telah membaca artikel Perubahan Wujud Benda: Mencair (Melebur), Membeku, Menguap, Mengembun dan Menyublim ini, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. thank,..,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,./////////////////////////////.,..,.,..,,......,..,..\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\/,..,,..,.,.,.,.,.,';';;'';';';'';';;';';'..,.,,.;'';'';'';';';;';',..,.,,.,.,.,:""::"":":":":":":"":":':":;';;',..,.,.,.,

    ReplyDelete
  2. Thank you for your articles

    ReplyDelete