Sunday, June 17, 2012

Operasi Pada Pernyataan: Majemuk dan Negasi (Ingkaran)

Operasi Pada Pernyataan: Majemuk dan Negasi (Ingkaran) >> Baiklah, kita kembali ke pendidikan, khususnya matematika, melanjutkan postingan saya tentang pendidikan sebelumnya tentang Materi Logika: Definisi Pernyataan, Proporsi, Deklarasi atau Statemen. Nah, kali ini adalah artikel terkait yaitu tentang Operasi Pada PErnyataan: Pernyataan dan Majemuk dan Negasi atau Ingkaran. Yuk kita baca ulasan singkatnya berikut ini:

A. Pernyataan majemuk

Dua pernyataan atau lebih dapat dikomposisikan dengan kata hubung logika (dan, atau, jika … maka, … jika dan hanya jika…) Membentuk pernyataan baru yang disebut pernyataan majemuk atau pernyataan komposisi.

Dalam suatu pernyataan majemuk tidak diharuskan adanya hubungan antar komponen-komponennya. Hal ini merupakan sifat yang fundamental di dalam logika matematika. 

Dalam operasi pada pernyataan dikenal operasi uner dan operasi biner, yaitu:
  1. Operasi uner, yaitu operasi yang bekerja pada sebuah pernyataan. Yang termasuk dalam operasi uner adalah negasi atau penyangkalan atau ingkaran.
  2. Operasi biner, yaitu operasi yang mengkomposisikan beberapa pernyataan tunggal menjadi sebuah pernyataan majemuk. Yang termasuk dalam operasi biner adalah konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.

B. Negasi atau ingkaran

Negasi adalah pernyataan yang menyangkal pernyataan yang diberikan, Misalkan p adalah suatu pernyataan. Suatu pernyataan lain yang dibentuk dari pernyataan p dengan cara menuliskan “adalah salah bahwa . . .” sebelum pernyataan p, atau jika mungkin dengan menyisipkan kata “tidak” atau “bukan” pada pernyataan p disebut negasi atau penyangkalan atau ingkaran dari pernyataan p. negasi dari pernyataan p ditulis ~p(dibaca : “tidak benar bahwa p”).

Sifat negasi : jika p benar maka ~p salah dan jika p salah maka ~pbenar.
p
~p
B
S
S
B

Contoh :
a.           p = dua adalah bilangan prima
q = dua bukan bilangan prima

b.           p = Jakarta adalah Ibukota Indonesia
q = Jakarta bukan Ibukota Jakarta

Catatan : 
Negasi dari “semua atau setiap”  adalah “ada atau beberapa”
Negasi dari “ada atau beberapa” adalah “semua atau setiap”

Demikianlah artikel Operasi Pada Pernyataan: Majemuk dan Negasi (Ingkaran)  ini saya bagikan, semoga bermanfaan bagi agan-agan semua, khususnya sobat Pebelajar Jufry semua. Shaloom.

5 comments:

  1. Terima kasih, blog yang informatif mas, salam kenal juga dari Blog pendidikan lainnya Belajar TIK

    ReplyDelete
  2. waah pelajaran matematika diskirt nih kalo tidak salah,hee

    ReplyDelete
  3. wah pelajaran logika matematika yang sangat menarik, thanks for sharing mas bro. keep update ya...

    ReplyDelete