Friday, June 22, 2012

Macam-Macam Demokrasi di Indonesia : Pancasila, Terpimpin, Parlementer dan Liberal

Macam-Macam Demokrasi | Jenis-Jenis Demokrasi di Indonesia: Pancasila, Terpimpin, Parlementer dan Liberal >>> Dalam postingan saya sebelumnya tentang Ciri-Ciri Pemerintahan Demokrasi dan juga Implementasi Sistem Demokrasi, kita sudah sedikit jauh tentang pemahaman akan Demokrasi. Lalu, bagaimana dengan jenis dari demokrasi itu sendiri? Artikel Macam-Macam Demokrasi atau Jenis-Jenis Demokrasi ini akan membahasnya, khususnya Demokrasi ang terjadi di negara kita yang terrcinta ini:

A. Demokrasi Pancasila

Demokrasi yang dianut oleh bangsa Indonesia sampai saat ini adalah demokrasi Pancasila. Yaitu, pelaksanaan demokrasi di Indonesia dilakukan atas dasar Pancasila. Dengan kata lain adalah paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup Pancasila.
B. Demokrasi Terpimpin

Sistem demokrasi ini dicetuskan oleh Soekarno, pada masa demokrasi terpimpin Soekarno menjadi kekutan politik yang hamper tak tergoyahkan. Bahkan beliau mencalonkan diri sebagai presiden seumur hidup. Namun hal itu ditentang oleh Hatta karena menurutnya jika menganut system tersebutu maka Indonesia kembali ke Negara Feodal yang berpusat pada raja.
C. Demokrasi Parlementer

Demokrasi parlementer adalah sebuah system demokrasi yang pengawasannya dilakukan oleh parlemen. Ciri utama Negara yang menganut system demokrasi ini adalah dengan adanya parlemen  dalam sistem  pemerintahannya. Indonesia pernah mencoba menganut system ini pada saat pertama merdeka tahun 1957.

D. Demokrasi Liberal

Demokrasi liberal adalah salah satu paham yang mendorong munculnya banyak partai politik. Karena dalam praktiknya, setiap masyarakat mempunyai hak yang sama untuk berkecimpung dipemerintahan. Dalam system ini pemilu harus dilaksanakan dengan bebas dan adil. Selain itu, pemilihan kepala pemerintahan dilakukan secara kompetitif.

5 comments:

  1. apa cuman itu ajaa demokrasi yang ada di indonesia?

    ReplyDelete
  2. Abdul: Sejauh yang bisa saya rekam yeah baru segitu. Mungkin ada lagi, cuman belum terupdate, jadi kalo ada yang ppunya pendapat lain, yuk di sahre di sini

    ReplyDelete
  3. Wah bagus sob postingan, lagi dong ...

    ReplyDelete
  4. mampir ke blog ku ya = wana-wedastra.blogspot.com

    ReplyDelete