Thursday, June 14, 2012

Komponen Biotik: Produsen, Konsumen dan Pengurai Dekomposer

Komponen Biotik: Produsen, Konsumen dan Pengurai >>> Manusia, hewan dan tumbuhan termasuk komponen biotik yaang terdapat dalam suatu ekosistem. Komponen Biotik itu sendiri dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan yaitu; produsen, konsumen dan dekomposer. Berikut adalah penjelasannya secara ringkas:

1. Produsen

Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau mnghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitu konsumen.

2. Konsumen

Konsumen merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai pemakan bahan organik atau energi yang dihasilkan oleh produsen yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Semua konsumen tidak dapat membuat makanan sendiri di dalam tubuhnya sehingga disebut heterotrof. Mereka mendapatkan zat-zat organik yang telah di bentuk oleh produsen atau dari konsumen lain yang menjadi mangsanya.

Berdasarkan jenis makanannya, konsumen di kelompokkan sebagai berikut;
  • Pemekan tumbuhan atau herbivora: contohnya adalah sapi, kambing, kelinci dan kerbau.
  • Pemakan daging atau karnivora: Contohnya adalah Singa, harimau, burung elang dan ular.
  • Pemekan tumbuhan dan daging atau disebut dengan omnivora. Contohnya adalah  ayam, orang utan dan bebek.

Konsumen dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu sebagai berikut:  
  1. Konsumen tingkat pertama (konsumen primer) merupakan konsumen yang memakan tumbuhan secara langsung, misalnya, hewan pemakan tumbuhan (herbivor), seperti zooplankton, ulat, belalang, tikus, sapi, kerbau, kambing, dan kuda.   
  2. Konsumen tingkat kedua (konsumen sekunder) merupakan konsumen yang memakan konsumen tingkat pertama, misalnya, burung pemakan ulat dan ular pemakan tikus. Biasanya adalah hewan pemakan daging (karnivora).   
  3. Konsumen tingkat ketiga (konsumen tersier) merupakan konsumen yang memakan konsumen tingkat kedua, misalnya, burung elang pemakan ular atau burung alap-alap pemakan burung pemakan ulat.  
  4. Konsumen tingkat keempat (konsumen puncak) merupakan konsumen yang memakan konsumen tingkat ketiga. Manusia sebagai pemakan tumbuhan dan daging (omnivora) berada pada tingkatan konsumen.  

3. Pengurai atau dekomposer


Kelompok pengurai adalah kelompok yang sangat berperan penting dalam ekosistem. Dekomposer berperan sebagai pengurai yang menguraikan zat-zat organik (zat yang dapat membusuk) menjadi zat-zat organik penyusunnya. Jika kelompok ini tidak ada, maka dunia ini akan dipenuhi oleh sampah-sampah yang menggunung.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ketiga komponen biotik ini saling bergantung satu dengan yang lainnya. Lalu. bagaimana dengan Komponen Abiotik? Baca artikel saya selanjutnya tentang Komponen Abiotik.

0 comments:

Post a Comment