Tuesday, June 5, 2012

KOMET, ASTEROID, METEOROID DAN SATELIT

SAINS >>> FISIKA >> KOMET, ASTEROID, METEOROID DAN SATELIT : Selain matahari dan 8 buah planet, ternyata masih ada benda-benda langit lainnya. Benda-benda langit tersebut antara lain: KOMET, ASTEROID, METEOROID dan SATELIT. Mari kita lihat ciri-ciri dari benda-benda langit tersebut: (Sebelum itu, baca juga tentang: Hipotesa Asal Usul Tata Surya)

PENGERTIAN DEFINISI DAN CIRI-CIRI KOMET, ASTEROID, METEOROID DAN SATELIT

1. KOMET
Apakah kalian pernah mendengar tentang Bintang Berekor? Nah, Bintang Berekor itulah yang dimaksud dengan Komet. Dan diperkirakan bahwa terdapat lebih dari 100 milyar lebih Komet atau Bintang Berekor di luar angkasa.

Sebuah komet terbentuk dari debu dan es. Seperti benda langit lainnya, komet juga bergerak mengelilingi matahari. Posisi ekor komet sendiri selalu menjauhi matahari. Jika komet mendekati matahari, maka ekornya berada di belakang komet. Dan sebaliknya, apabila komet menjauhi matahari, maka ekornya berada di depan.

Ada beberapa macam komet yang sering kita dengar, dan yang paling terkenal adalah Komet Halley. Komet Halley ditemukan oleh seorang peneliti ruang angkasa, Halley, oleh karena itu dinamakan Komet Halley. Komet Halley muncul setiap 76 tahun sekali.

Selain komet Halley, ada juga komet Kohoutek yang muncul setiap 2 tahun sekali, Komet Encle yang muncul setiap 3,3 tahun sekali, dan Komet Biela yang muncul setiap 6,6 tahun sekali.

2. ASTEROID
sumber: lihat di sini
Kalau sobat belajar sering melihat titik-titik kecil yang berada antara planet Mars dan Jupiter yang jumlahnya sekitar 100 ribu buah, maka itulah yang disebut dengan Asteroid. Asteroid adalah benda langit yang mengelilingi matahari. Orbitnya berada di antara planet Mars dan Yupiter (Jupiter).

Karena ukuran dari asteroid lebih kecil dari ukuran-ukuran planet, maka asteroid sering juga disebut dengan Planet Kecil. Diameter Asteroid berkisar antara 1 hingga 750 km. Sedangkan massa keseluruhan Asteroid hanya sekitar 0,001 massa planet Bumi.

Asteroid yang ukurannya besar antara lain Ceres, Pallas, Juno, Vesta dan Eros.

Selain Asteroid yang berada di antara Mars dan Jupiter, juga ditemukan Asteroid lain yang mengorbit di antara planet Saturnus dan Uranus. ASteroid itu diberi nama Chiron.

3. METEOROID
sumber: lihat di sini
Meteoroid adalah batuan kecil yang bergerak secara bebas di angkasa luar. Oleh karena itu, meteoroid adalah salah satu ancaman bagi planet-planet seperti Bumi. Karena dapat bergerak secara bebas di angkasa luar, maka Asteroid pun dapat  menabrak Bumi dan planet lainnya sewaktu-waktu.

Meteoroid yang masuk ke Bumi akan bergesekan dengan udara. Gesekan tersebut kemudian menghasilkan bunga api atau kilatan cahaya. Meteoroid yang digesek dan mengeluarkan bunga api itu kemudian bergerak dengan sangat cepat sehingga tampak seperti Bintang Jatuh. Bintang jatuh inilah yang disebut dengan METEOR. Ada meteor yang habis terkikis sebelum sampai ke Bumi, namun ada juga yang berhasil sampai. Meteor yang sampai ke Bumi menimbulkan ledakan yang besar dan meninggalkan kawah yang kemudian disebut dengan Kawah Meteor. Sedangkan Meteoroid yang sampai ke permukaan Bumi disebut dengan METEORIT.

4. SATELIT

Satelit adalah benda-benda yang mengelilingi suatu planet. Namun tidak semua planet memiliki satelit. Bumi memiliki satu satelit yang kita kenal dan kita sebut dengan nama BULAN. Sedangkan ada juga planet yang memiliki lebih dari satu satelit. Dan yang paling banyak satelitnya adalah planet Jupiter. Sebagai satelit bagi Bumi, tentu saja Bulan mengorbit mengelilingi Bumi. Bulan merupakan satelit alami karena sudah ada sejak awal di alam. 

Selainsatelit alami, juga ada satelit buatan. Satelit buatan disebut juga pesawat ruang angkasa. Satelit buatan sengaja diluncurkan ke luar angkasa dengan tujuan-tujuan tertentu. Salah satu tujuan utama satelit adalah untuk mengirimkan berita penting yang dapat di baca dari ruang angkasa.

Berikut adalah beberapa satelit buatan beserta kegunaannya:

==> Satelit cuaca berguna untuk membantu ahli perkiraan cuaca dalam memperkirakan cuaca yang terjadi di Bumi.

==> Satelit pengamat Bumi berguna untuk mengawasi adanya polusi yang terjadi di Bumi.

==> Satelit Komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan program televisi dan pesan-pesan telepon kepada seluruh dunia.

Sumber:
Suhartini D., Zulaikha I.A., Suryani Y.E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta - PT. Macanan Jaya Cemerlang.

0 comments:

Post a Comment