Thursday, June 14, 2012

Individu, Populasi, Komunitas dan Biosfer | Satuan-satuan Makhluk Hidup Penyusun Ekosistem

Individu, Populasi, Komunitas dan Biosfer | Satuan-satuan Makhluk Hidup Penyusun Ekosistem >> Di dalam sebuah ekosistem, juga terdapat satuan-satuan makhluk hidup yang meliputi individu, populasi, komunitas dan biosfer. Lalu apa saja sih yang dimaksud dengan Individu, Populasi, Komunitas dan Biosfer itu sendiri? Nah, Bagian-bagian satuan makhluk hidup penyusun ekosistem dijelaskan secara ringkas di bawah ini:

1. Individu

Istilah individu
berasal dari bahasa latin,yaitu in yang berarti tidak dan dividus yang berarti dapat dibagi.Jadi, yang dimaksud dengan individu adalah makhluk hidup yang berdiri sendiri yang secara fisiologis bersifat bebas atau tidak mempunyai hubungan dengan sesamanya. Individu juga disebut satuan makhluk hidup tunggal.

2. Populasi

Populasi
berasal dari bahasa latin, yaitu populus yang berarti semua orang yang bertempat tinggal pada suatu tempat. Dalam ekosistem, populasi berarti kelompok makhluk hidup yang memiliki spesies sama (sejenis) dan menempati daerah tertentu.

3. Komunitas

Komunitas adalah
berbagai jenis makhluk hidup yang terdapat di suatu daerah yang sama, misalnya padang pasir, padang steva dan sebagainya.

4. Biosfer

Biosfer adalah
semua ekosistem yang berada di permukaan bumi.

Nah, itulah seulas informasi tentang Satuan-satuan makhluk hidup penyusun ekosistem, semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Atau sobat punya informasi terkait lainnya? Yuk di share di sini ...

0 comments:

Post a Comment