Wednesday, June 6, 2012

ENERGI KINETIK, POTENSIAL, PANAS, KIMIA, LISTRIK, BUNYI, CAHAYA DAN NUKLIR

SAINS >>> FISIKA >>> MACAM-MACAM | JENIS-JENIS ENERGI >> ENERGI KINETIK atau GERAK, POTENSIAL, PANAS, KIMIA, LISTRIK, BUNYI, CAHAYA DAN NUKLIR: Energi diartikan sebagai kemampuan suatu benda dalam melakukan pekerjaan. Dalam keseharian kita, energi disebut dengan TENAGA. Energi itu bermacam-macam. Ada Energi Kinetik atau disebut juga Energi Gerak, Energi Potensial, Energi Panas, Energi Kimia, Energi Listrik, Energi Bunyi, Energi Cahaya dan Energi Nuklir. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang ENERGI KINETIK, POTENSIAL, PANAS, KIMIA, LISTRIK, BUNYI, CAHAYA DAN NUKLIR, dan penjelasannya adalah sebagai berikut:

ENERGI KINETIK, POTENSIAL, PANAS, KIMIA, LISTRIK, BUNYI, CAHAYA DAN NUKLIR

1. ENERGI KINETIK atau ENERGI GERAK

sumber: ar-wdh.blogspot.com

Energi Kinetik adalah energi yang memiliki masa dan kecepatan. Energi Kinetik disebut juga dengan Energi Gerak. Mengapa? karena semua benda yang bergerak itu memiliki energi Kinetik. Contohnya adalah Ketapel yang melontarkan batu, mobil yang melaju, bola ditendang melambung, orang berlari, bola terpantul dan sebagainya.

2. ENERGI POTENSIAL
sumber: alvindaily.blogspot.com
Pada ketapel, energi kinetik tidak hanya dimiliki oleh batu. Karet yang direkatkan pada ketapel untuk melontarkan batu juga memiliki energi. Pada saat karet tertarik, karet tersebut memiliki ENERGI POTENSIAL. Energi potensial tersebut ditimbulkan oleh gaya pegas. Oleh karena itu, energi potensial karet disebut dengan Energi Potensial Pegas.

3. ENERGI PANAS atau ENERGI KALOR
sumber: imamtiaraprabowo.blogspot.com
Energi Panas merupakan energi dalam bentuk panas. Energi Panas juga disebut dengan Energi Kalor. Energi panas dapat berasal dari matahari, api, dan benda-benda lain yang dapat memancarkan panas.

4. ENERGI KIMIA

Energi Kimia adalah energi yang timbul akibat dari adanya reaksi Kimia. COntohnya adalah Energi Kimia yang ada pada bahan bakar kendaraan. Energi tersebut digunakan untuk menggerakkan kendaraan.

Selain itu, juga kita lihat dan perhatikan energi kimia yang terjadi di dalam tubuh kita. Energi dalam tubuh kita berasal dari hasil pembakaran bahan-bahan makanan yang kita makan. Energi inilah yang memberikan kemampuan pada tubuh kita untuk mampu bergerak.

5. ENERGI LISTRIK

Energi Listrik adalah energi yang dimiliki oleh arus listrik. Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan kita. Selain  untuk penerangan, juga sebagai penggerak dari barang-barang teknologi yang ada di sekitar kita.

6. ENERGI BUNYI

Energi Bunyi adalah energi yang dimiliki oleh bunyi. Di dalam bunyi, tersimpan energi yang besar. Kalau orang berteriak dengan keras di dekat telinga kita, maka telinga kita akan terasa sakit. Begitu pun ketika adanya pesawat yang terbang jet yang rendah akan mengakibatkan kaca jendela rumah bisa pecah.

7. ENERGI CAHAYA

Energi Cahaya adalah Energi yang dimiliki oleh cahaya. COntohnya adalah penggunaan laser untuk mengiris bagian tubuh yang akan dioperasi ataupun memotong besi baja.

8. ENERGI NUKLIR

Energi Nuklir adalah energi yang terdapat pada inti atom.

Demikian ulasan sederhana tentang ENERGI KINETIK, POTENSIAL, PANAS, KIMIA, LISTRIK, BUNYI, CAHAYA DAN NUKLIR ini, semoga bermanfaat.

1 comment: