Sunday, June 24, 2012

EKOSISTEM LAUT TROPIS: Pengertian Definisi Plankton, Nekton dan Bentos

EKOSISTEM LAUT TROPIS:  Pengertian Definisi Plankton, Nekton dan Bentos >> Ekosistem merupakan tempat terjadinya sistem interaksi Antar Biotik/organisme hidup (Ikan dan non ikan) dan Abiotik (tanah, air, udara, unsur hara dan segala unsurnya). Unsur biotik merupakan bagian kehidupan yang hidup, memiliki berbagai peran diantaranya:
  1. Produsen
  2. Konsumen
  3. Pengurai/Dekomposer
Dan kali ini kita akan berbicara tentang  Ekosistem Laut Tropis. Namun terlebih dahulu kita melihat dahulu Definisi atau Pengertian dari Laut itu sendiri. 

Lingkungan Laut

Laut itu luas, 70 % dari permukaan bumi.
Laut itu dalam dan kehidupan berlangsung pada setiap kedalaman Laut itu menyatu.
Laut adalah sirkulasi berkesinambungan; perbedaan temperatur antara kutub dan katulistiwa menyebabkan angin kencang bertiup sepanjang tahun.
Laut didominasi oleh berbagai macam gelombang dan oleh pasang surut yang terjadi karena gaya tarik bulan dan matahari.
Laut itu asin. 
Konsentrasi zat hara yang terlarut adalah rendah dan merupakan suatu faktor keterbatasan dalam menentukan ukuran populasi lautan.

Sumberdaya Ikan

Keseluruhan sumberdaya laut yg terdiri dari beragam organisme laut.


BERBAGAI BENTUK KEHIDUPAN LAUT


Biota laut dikelompokkan dalam tiga kategori utama berdasarkan kebiasaan hidupnya secara umum, yaitu :
  1. Plankton
  2. Nekton
  3. Bentos

Nekton adalah biota yg berenang di lapisan air.  Hanya terdiri dari hewan.
Benthos adalah biota yg hidup di dasar laut baik di atas maupun di dalam.  Terdiri dari hewan dan tumbuhan

Plankton mencakup sejumlah besar biota di laut, baik dari jenisnya maupun kepadatannya. Seluruh plankton membentuk volume biota yg luar biasa besarnya. Hidup terbatas di permukaan laut hingga kedalaman beberapa ratus meter.

Berikut akan dijelaskan satu persatu:

1.  PLANKTON
Plankton adalah biota yang hidup di zona pelagik, gerakannya sangat lemah yang artinya ia tidak dapat melawan gerakan air.  Plankton terdiri atas phytoplankton dan zooplankton.

Ukuran Plankton:

Ultraplankton < 0,005 mm (5 mikron)
Nannoplankton : 2-20 mikron
Mikroplankton : 20-200 mikron
Mesoplankton   : 0,2 mm - 2 cm
Makroplankton : 2-20 cm
Megaplankton   : 20-200 cm
~ Biota yg sebagian dari daur hidupnya sebagai plankton, khususnya pada fase larva atau juwana (juvenile), setelah dewasa akan menetap di dasar sebagai benthos atau berenang sebagai nekton.  Biota seperti ini disebut meroplankton.

~ Biota yang seluruh daur hidupnya sebagai plankton, disebut holoplankton.



FITOPLANKTON
Filum Chrysophyta (Alga kuning-hijau) meliputi diatome dan coccolithophore ;

filum Cyanophyta (Alga biru-hijau) ;

filum Phaeophyta (Alga coklat) ;

filum Pyrophyta (Dinoflagellata) ;


Diatome merupakan produsen terbanyak, terdapat di semua bagian laut. Paling berlimpah di massa air permukaan & lintang tinggi, di mana terdapat air dingin yg penuh zat hara. Umumnya disebut Alga coklat emas karena warnanya. Mempunyai ukuran beberapa mikron sampai beberapa mm. Kerangka silikonnya menunjukkan bentuk-bentuk dan pola-pola rumit dan halus.

Kokolitofor adalah nanoplankton, diameternya hanya beberapa mikron. Terbentuk dari lempeng-lempeng kapur yg dijalin mjd satu oleh jaringan organik.  Jika mati, lempeng-lempeng tersebut berjatuhan ke dasar laut menjadi bagian dari sedimen. Banyak terdapat di perairan dangkal dekat pantai.

Dinoflagellata tidak mempunyai kerangka mineral.  Mereka memiliki flagella seperti cambuk yang memungkinkan untuk bergerak lemah


2.  NEKTON

Kelompok organisme yang termasuk nekton adalah :
Vertebrata (ikan bertulang rawan, seperti hiu dan pari ; ikan bertulang keras, seperti kakap, tuna, dll ; penyu ; ular ; mamalia laut, seperti paus).
Mollusca (sotong dan cumi-cumi).


3.  BENTOS

Bentos mencakup biota menempel (spon, teritip,tiram), merayap (kepiting, udang karang) & meliang (beberapa jenis kerang & cacing). Hidup di dasar perairan mulai garis pasut sampai dasar abisal.

Terimakasih sobat belajar semua sudah membaca artikel saya tentang EKOSISTEM LAUT TROPIS:  Pengertian Definisi Plankton, Nekton dan Bentos ini, semoga bermanfaat. Tuliskan komentar sobat di bawah ini tentang artikel ini, apak berguna dan menarik ataukah tidak.

2 comments:

  1. terima kasih atas semua informasi yang sudah di bagikan

    ReplyDelete
  2. banyak ekosistem laut yang sudah pada rusak sekarang

    ReplyDelete