Wednesday, June 6, 2012

EKOLOGI: Definisi dan Karakteristik Ekosistem Pantai

EKOLOGI >> Definisi dan Karakteristik  Ekosistem Pantai: Berikut ini adalah artikel tentang Pendidikan Ekologi Laut Tropis dengan topik utama adalah Definisi dan Karakteristik  Ekosistem Pantai. Berikut ulasan singkatnya:

A. Definisi ekosistem pantai

Ekosistem merupakan suatu interaksi yang kompleks dan memiliki penyusun yang beragam. Komponen penyusun ekosistem:
  1. Komponen Autotrof, contohnya tumbuh-tumbuhan hijau
  2. Komponen Heterotrof, contohnya manusia, hewan, tanah, air
sumber gambar: tikakurniaprayoga.blogspot.com

  • Pantai adalah wilayah yang menjadi batas antara daratan dan lautan. Bentuk-bentuk pantai berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan proses yang ada di wilayah tersebut seperti pengikisan, pengangkutan dan pengendapan yang disebabkan karena adanya gelombang, arus dan angin yang berlangsung secara terus menerus sehingga membentuk daerah pantai.Organisme yang hidup di pantai memiliki adaptasi struktural sehingga dapat melekat keras di subtrat keras.
  • Pesisir adalah wilayah antara batas pasang tertinggi hingga batas air laut yang terendah pada saat surut. Pesisir dipengaruhi oleh gelombang air laut. Pesisir juga merupakan zona yang menjadi tempat pengendapan hasil pengikisan air laut dan merupakan bagian dari pantai. Jadi, Ekosistem Pantai merupakan ekosistem yang ada di wilayah perbatasan antara air laut dan daratan, yang terdiri dari komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik pantai terdiri dari tumbuhan dan hewan yang hidup di daerah pantai, sedangkan komponen abiotik pantai terdiri dari gelombang, arus, angin, pasir, batuan dan sebagainya.  
  • Hutan Mangrove adalah salah satu contoh ekosistem di daerah pantai. Di daerah hutan mangrove hidup berbagai jenis hewan seperti kera, kepiting, ular dan udang. Hutan mangrove dapat berfungsi menahan abrasi air laut.

B.  Karakteristik Ekosistem Pantai
  • Pantai berhubungan dengan laut
  • Pantai berkedudukan diantara garis air tinggi dan garis air rendah
  • Pantai dapt terjadi dari material lepas,padu dan lembek
  • Pantai yang bermaterial lepas dengan ukuran kerikil atau pasir disebut sebagai gisik atau beach
  • Pantai dapat berelief rendah (Datar,bergelombang),namun dapat pula berelief tinggi (berbukit,bergunung)
  • Pantai secara genetik dapat pula berasal dari pembentukan marin,organik,vulkanik tektonik.
Semoga Artikel Definisi dan Karakteristik  Ekosistem Pantai bermanfaat bagi sobat. 

1 comment: