Sunday, June 24, 2012

DEFINISI PENGERTIAN EKOSISTEM, KOMPONEN PEMBENTUK, KONSEP DAN DAYA DUKUNG LINGKUNGAN

DEFINISI PENGERTIAN EKOSISTEM, KOMPONEN PEMBENTUK, KONSEP DAN DAYA DUKUNG LINGKUNGAN >>> Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

Komunitas dalam suatu daerah saling mempengaruhi dengan lingkungan sehingga arus energi mengarah pada struktur makanan, biodiversity, dan daur-daur bahan.

Komponen-komponen pembentuk ekosistem adalah:
  1. Komponen hidup (biotik)
  2. Komponen tak hidup (abiotik)
  3. Kedua komponen tersebut berada pada suatu tempat dan berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur
  4. Ekosistem dpt dibagi dr segi fungsionalnya:
  5. Sirkuit-sirkuit energi
  6. Rantai-rantai makanan
  7. Pola-pola keanekaragaman dlm waktu n ruang
  8. Daur-daur makanan (biogeokimia)
  9. Perkembangan n evolusi
  10. pengendalian

Konsep Ekosistem


Konsep Ekosistem merupakan konsep yang luas atau pandangan ekologi yang merupakan penekanan hubungan Wajib, ketergantungan dan hubungan sebab musabab untuk membentuk satuan-satuan fungsional.

Daya Dukung Lingkungan
  1. Ketersediaan ruang (space) yang sesuai (suitable) untuk tempat tinggal/permukiman dan berbagai kegiatan pembangunan;
  2. Ketersediaan sumberdaya alam untuk keperluan konsumsi dan proses produksi lebih lanjut;
  3. Kemampuan kawasan untuk menyerap/mengasimilasi limbah sebagai hasil samping dari kegiatan manusia dan kegiatan pembangunannya; dan
  4. Kemampuan kawasan menyediakan jasa-jasa penunjang kehidupan (life-supporting systems) dan kenyamanan (amneties) seperti udara bersih, air bersih, siklus hidrologi, siklus hara, siklus biogekimia, dan tempat-tempat yang indah serta nyaman untuk rekreasi dan pemulihan kedamaian jiwa (spiritual renewal).
Terimakasih sobat belajar dan sobat Jufry semua sudah membaca artikel tentang  DEFINISI PENGERTIAN EKOSISTEM, KOMPONEN PEMBENTUK, KONSEP DAN DAYA DUKUNG LINGKUNGAN saya ini. Kalau berkenan mohon dishare ke teman-teman yang lain melalui facebook ataupun twitter. Dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kotak komentar di bawah ini agar saya bisa memahami karakter dan keinginan dari pembaca budiman sekalian, thankz a lot.

1 comment: