Wednesday, June 6, 2012

CARA MENGATASI DUPLIKAT META DESCRIPTION BLOGSPOT DI SERP WEBMASTER GOOGLE

CARA MENGATASI DUPLIKAT META DESCRIPTION BLOGSPOT DI SERP WEBMASTER GOOGLE >> Beberapa bulan yang lalu, banyak dari artikel yang saya jagokan tiba-tiba tidak terindeks oleh si Mbah Google. Usut punya usut, ternyata terjadi Duplicate Meta Description. Waduh!!! Ini terjadi karena saya habis ganti template and lupa tuk memasang Anti Duplikat Meta Description di Template yang baru tersebut. Akhirnya saya berusaha agar artikel saya terindeks lagi, tentunya dengan memasang Anti Duplikat Meta Description. Beberapa hari kemudian, visitor saya kembali di halaman Pertama Mbah Google, senengnya. Mau tau Cara Mengatasi Duplikat MetaDescription Blogspot Di Serp Webmaster Google? yuk ikuti tutuorial berikut:

1. Masuk ke Draft Blogger.
2. Klik Rancangan (template), lalu pilih Edit HTML.
3. Jangan  lupa centang Expand Widget.
4. Temukan kode berikut (cara cepat dengan menekan tombol CTRL + F)

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

 5. Perhatikan bahwa ada dua kode <b:else/> di atas, lihat kode <b:else/>  kedua yang berwarna merah, tambahkan kode berikut di bawahnya.

<link expr:href='data:post.url' rel='canonical'/>


 Karena dalam template baru blogspot, kode nomor 4 ada dua, maka lakukan lagi langkah di nomor 5 pada kode yang kedua. Artinya kita melakukan langkah 4 dan 5 sebanyak dua kali.

6. Setelah itu SAVE / SIMPAN.

7. Selanjutnya lepas centang EXPAND WIDGET.

8. Cari kode berikut (biasanya terletat di halaman awan template, jadi biasa langsung kelihatan saat kita melepas centang Expand Widget).
<meta content='Deskripsi'  name='description'/>
<meta content='keyword1 keyword2 keyword3 ...' name='keywords'/>
 9. Tambahkan pasangan tag berwarna merah berikut dengan cara mengapit kode di atas, sehingga tampilannya seperti ini:


<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='Deskripsi'  name='description'/>
<meta content='keyword1 keyword2 keyword3 ...' name='keywords'/>
</b:if>
 10. Terakhir, klik SAVE / Simpan.

Sekarang blog sobat sudah aman dari Duplikasi Meta Deskripsi atau Duplication Meta Description. Terimakasih sobat sudah membaca artikel Cara Mengatasi Duplikat MetaDescription Blogspot Di Serp Webmaster Google saya ini. Semoga bermanfaat! soaldankuncijawabanbloggerpekolingan

27 comments:

  1. makasih gan....
    saya senang mengunjungi blog anda... Sangat bermanfaat buat kamii....

    ReplyDelete
  2. Sukses gan sarannya
    3 thn menderita gara2 duplikasi deskripsi
    haha :)

    ReplyDelete
  3. @Om Dani: Wah om dani ngeri yeah nanam linknya banyak betul, heeheheh

    @Japan: Selamat yeah. Ane juga sempat hilang dari SERP gara2 meta duplicate. Senang rasanya bisa ngebanti teman deh

    ReplyDelete
  4. makasih gan trik mengatasi duplikat metanya

    ReplyDelete
  5. tips yang sangat bagus, dan saya sangat terbantu untuk mengatasi duplikat konten di blog saya.

    ReplyDelete
  6. Mudah-mudahan berhasil, Makasih infonya om

    ReplyDelete
  7. Klo kedua kode itu tdk ada di template saya bagaimana gan? Soalnya saya pake template sederhana yg dari blogger dan gak pasang meta tag apa2 kecuali yg sudah bawaan blogger, tp pas cek di webmaster google ternyata duplikat meta deskripsinya banyak.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih Gan Buat Informasinya

    Sangat Bermanfaat ,

    Thanks yahh

    http://theoryrizky.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Maturnuwun Infonya Monggo mampir di Blog saya

    ReplyDelete
  10. Info yang bagus,, terimakasih.., saya mau tanya di template saya cuma ada kode meta content='keyword1 keyword2 keyword3 ' name='keywords..., sedangkan kode meta content='Deskripsi' name='description tidak ada,, lalu bagamana solusinya apakah tetap di apit kode "b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl???

    ReplyDelete
  11. @Hendra: Biasanya kalo template bawaan google sih tidak ada meta tag nya, jadi kalo mau, pasang meta tagnya saja. Sobat bisa ambil di template yang didownload lalu copy kan ke template sobat, lalu pasang deh kode di atas.

    @Andis: Buat saudara Andis meta content='keyword1, keyword2, dst..' itu sobat ganti dengan kata kunci blog sobat, misalnya 'pendidikan, guru, bahasa indonesia, ips, soal-soal, dst' sedangkan untuk meta content='deskripsi', sobat masukkan deskripsi blog milik sobat, misalnya kayak punya saya 'berisi informasi tentang dunia pendidikan, tips dan trik blogger, kabar dunia dan layar maya'. lebih baik diisi dari pada kosong.

    ReplyDelete
  12. master saya mau tanya kenapa setelah di coba dipraktekin di cek di metatagtool metadeskripsinya jadi sedikitya, memang apa karena pengaruh <b:if cond, mohon pencerahan? dan hasilya setelah dipraktekan memang sangat memangkas deskripsi laman ganda, dan berguna sekali buat blogsaya..trims banget tutorialnya master..

    ReplyDelete
  13. Yup tepat sekali. Memang pengaruh utamanya karena if cond itu yg arti sebenarnya adalah If Condition (Seandainya dalam kondisi tententu). Dengan perintah ini maka jika dalam kondisi tertentu --- maka deskripsinya tidak akan terbaca atau tampil, sehingga hanya tampil di laman utama saja di SERP

    ReplyDelete
  14. ternyata begitu ya? mkasih banget infonya,, nyari2 ga ada yang cocok dari tadi?

    ReplyDelete
  15. keren gan, blog ane juga begitu, makasih atas pencerahannya

    ReplyDelete
  16. tanks gan infonya, saya coba dulu semoga berhasil,, udah mumet keliling internet gak ada yang berhasil,,semoga tips ini berhasil :D

    ReplyDelete
  17. mas gan..
    punya saya DUPLIKAT META DESCRIPTION makin bertambah banyak, skrg sudah ada 184.
    sy dah nyoba trik di atas, tp ga berkurang.
    trafik pengunjungnya juga drasting hilang. pusing bgt !! tolongin sy donk... gara2 sy utak-atik meta tag, malah jd gini. thx

    ReplyDelete
  18. Artikel Bagus ane coba dulunya gan ane ada masalah nih sama duplikat content

    ReplyDelete
  19. thanks gan, ditunggu kunjungan baliknya salam kenal

    ReplyDelete
  20. salam kenal artikel yang bermanfaat ditunggu kunjungan baliknya http://yuviter88.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. dicobain dulu yah mas,, kira-2 berapa hari baru bisah dilihat hasilnya...

    ReplyDelete
  22. hampir 200 lebih di web master ada duplikat meta title dan description..mudah2n dengan cara ini berhasil.. terima kasih

    ReplyDelete