Thursday, May 10, 2012

TENSES DALAM BAHASA INGGRIS | TENSES IN ENGLISH

TENSES DALAM BAHASA INGGRIS | TENSES IN ENGLISH >> Pernah seorang profesor bertanya pada saya "Ada berapa tenses dalam Bahasa Inggris yang kamu ketahui?" Langsung saja saya jawab "ada 16 Tenses pak", lalu apa jawaban profesor saya? SALAH!

Yup, saya akhirnya mulai penasaran kok salah sih jawaban saya, padahal selama ini yang saya diajari sejak mengenal Bahasa Inggris itu kan ada 16 tenses. loh Kok cuman dua saja? Akhirnya melalui penjelasan yang singkat, padat dan jelas, akhirnya saya pun memahami apa yang dimaksud dengan profesor saya.

Yah, memang pada dasarnya hanya ada dua tense atau kata kerja dalam bahasa Inggris, sedangkan Bahasa Indonesia hanya memiliki satu saja. Dalam Bahasa Inggris hanya ada dua tenses yaitu Present dan Past. Sedangkan yang disebut dengan Simple Present, Present Continuous, future tense dan sebagainya, itu hanyalah pengembangan atau bisa kita katakan cabang dari dua tenses utama itu sendiri.

Untuk bisa memahami ini memang diperlukan perhatian dan penjelasan yang lebih dalam, kalau sobat mau mencari penjelasannya, saya menyarankan sobat membaca buku English Syntax, dimana dalam ilmu syntaksis akan dijelaskan mengapa hanya ada dua tenses dalam bahasa Inggris dan mengapa Bahasa Indonesia hanya memiliki satu tenses saja.

Untuk lebih mudah mengerti, berikut saya berikan contoh dalam bahasa Inggris dan Indonesia:


Inggris : I eat Capcay.
Indonesia : Saya Makan Capcay.

Inggris : I ate Capcay.
Indonesia : Saya Makan Capcay.

Saya rasa, dari contoh diatas kita langsung dapat melihat bagaimana dalam tata bahasa Bahasa Inggris, perbedaan antara sekarang dan lampau jelas sekali dari perubahan  kata kerjanya sehingga kita mudah memahami makna walaupun tanpa keterangan waktunya. Sedangkan dalam tata bahasa Indonesia, itu sangat sulit. Sekarang perhatikan contoh d iatas apabila saya perlengkapi dengan kata keterangan waktunya:


Inggris : I eat Capcay everyday.
Indonesia : Saya Makan Capcay setiap hari.

Inggris : I ate Capcay yesterday.
Indonesia : Saya Makan Capcay kemarin.

Untuk itu, dapat kita simpulkan bahwa memang dalam bahasa Indonesia, kita hanya memiliki satu tense saja.

Semoga penjelasan TENSES DALAM BAHASA INGGRIS atau TENSES IN ENGLISH di atas mampu membuka wawasan kita akan ketata bahasaan kita.

0 comments:

Post a Comment