Sunday, May 20, 2012

RPP SMP KELAS VII BAHASA INGGRIS (1)TRANSACTONAL AND INTERPERSOAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTs                               : ……
Kelas/Semester                   : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi           : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar              : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
Indikator                                                :
·         mengidentifikasi dan melaksanakan instruksi
·         mengidentifikasi penjelasan sederhana identitas diri seseorang
·         mengidentifikasi pertanyaan tentang identitas diri seseorang
·         mengidentifikasi penjelasan kegiatan
·         mengidentifikasi keterangan mengenai keluarga

Jenis teks                              : Transactional / Interpersonal
Tema                                     : Introductory Chapter, dan Family Life
Aspek/Skill                            : Mendengarkan
Alokasi Waktu                      : 2 x 40 menit

1.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.     Menjawab pertanyaan berdasarkan suatu percakapan
b.     Melengkapi keterangan pada gambar
c.     Merespon pertanyaan
d.     Merespon instruksi
2.     Materi Pembelajaran
a.     Communication Practice (halaman 3, 4, 13, 14, 25, 51)
·         Rekaman dan script dialog
·         Rekaman percakapan, gambar dan pilihan jawaban
b.     Recalling Vocabulary( halaman 2)
·            Rekaman dan gambar
c.     Grammar Practice (halaman 8, 16)
·         Penjelasan dan latihan
3.     Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.     Langkah-langkah Kegiatan
a.     Kegiatan Pendahuluan
·         Tanya jawab tentang gambar
·         Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan sapaan
b.     Kegiatan Inti
·         Mendengarkan dialog
·         Melengkapi cerita bergambar berdasarkan keterangan dalam rekaman
·         Bermain peran sesuai cerita dalam gambar
·         Memberikan umpan balik kepada siswa yang lain
·         Merespon pertanyaan berdasarkan rekaman
·         Membahas kosakata dalam rekaman percakapan
·         Melakukan games: Simon says
c.     Kegiatan Penutup
·         Menanyakan kesulitan belajar siswa
·         Menyimpulkan kegiatan pembelajaran
5.     Sumber belajar
a.     Buku teks yang relevan : Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
b.     Workbook Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
c.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.     Gambar-gambar yang relevan
6.     Penilaian
a.     Teknik: tes tertulis
b.     Bentuk: isian
c.     Instrumen:
Listen to the recording and find the answers (refer to the recording pg 13 and 51)
1.     Where are John, Eddy and Susan at that moment?
2.     Who is their piano teacher?
3.     How old is John?
4.     Where does John live?
5.     What is Captain Roach?
d.     Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal  x 3 = 15 
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
e.     Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0

Mengetahui :                                                                                                                                                                                                                                                                                            ......................., ...................
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran


________________________                                                        ______________________
NIP.                                                                                                                        NIP

1 comment: