Friday, May 25, 2012

PERPINDAHAN PANAS: KONVEKSI, RADIASI, KONDUKSI

PERPINDAHAN PANAS: KONVEKSI, RADIASI, KONDUKSI >>> Dalam pelajaran IPA atau SAINS, kita pasti akan bertemu dengan yang satu ini, yaitu Perpindahan Panas. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan perpindahan panas? Dan apa pula yang disebut dengan Konveksi, Radiasi dan Konduksi? Yuk kita jawab pertanyaan ini satu persatu.

Tahukah kita bahwa ternyata panas dapat berpindah atau mengalir? Ya, Panas berpindah dari tempat atau benda yang bersuhu tinggi ke tempat atau benda yang bersuhu rendah.

Kalau mau bereksperimen, sobat bisa menggantungkan bola di dekat air keran. Coba nyalakan air keran tersebut, maka bola yang digantung akan mendekat ke arus air. mengapa ini bisa terjadi? itu karena suhu udara panas yang mengalir disekitar bola, lalu ketika keran air dinyalakan, bola mendekati air karena suhu air lebih rendah dari pada suhu bola.

Baiklah, kita lanjutkan pembahasan perpindahan panas. Ada tiga macam atau jenis Perpindahan Panas, yaitu Konveksi, Radiasi dan Konduksi.

==> DEFINISI - PENGERTIAN KONVEKSI

Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Perpindahan panas secara Konveksi terjadi melalui aliran zat. Contoh yang sederhana adalah proses mencairnya es batu yang dimasukkan ke dalam air panas. Panas pada air berpindah bersamaan dengan mengalirnya air panas ke es batu. Panas tersebut kemudian menyebabkan es batunya meleleh.

Contoh lainnya yaitu ketika kita sedang memasak air. Air yang berada di bagian bawah mendapatkan panas lebih dahulu, kemudian pindah ke bagian atas tempat suhu dingin, dengan demikian suhu yang dingin indah ke bawah. Begitu seterusnya sehingga kita melihat air yang dimasak itu turun naik. Untuk membuktikannya, saat memasak air, masukkan biji kacang hijau, lihat bagaimana kacang hijau tersebut bergerak naik turun.

Contoh lain misalnya terjadinya pasang surut akibat angin laut.

==> DEFINISI - PENGERTIAN RADIASI

Radiasi adalah perpindahan panas tanpa melalui perantara. Untuk memahami ini, dapat kita lihat kehidupan kita sehari-hari. Ketika matahari bersinar terik pada siang hari, maka kita akan merasakan gerah atau kepanasan. Atau ketika kita duduk dan mengelilingi api unggun, kita  merasakan hangat walaupun kita tidak bersentukan dengan apinya secara langsung. Dalam kedua peristiwa di atas, terjadi perpindahan panas yang dipancarkan oleh asal panas tersebut sehingga disebut dengan Radiasi.

Contoh lainnya yaitu ketika kita mendekatkan tangan kita pada bola lampu yang sedang menyala. Rasa panas lampu akan memengaruhi tangan kita sehingga tangan kita terasa panas. Hal ini menunjukkan bahwa rasa panas dari lampu dipindahkan secara radiasi atau pancaran.

==> DEFINISI - PENGERTIAN KONDUKSI

Konduksi adalah perpindahan panas melalui zat perantara. Namun, zat tersebut tidak ikut berpindah ataupun bergerak. COntoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari misalnya, ketika kita membuat kopi atau minuman panas, lalu kita mencelupkan sendok untuk mengaduk gulanya. Biarkan beberapa menit, maka sendok tersebut akan ikut panas. Panas dari air mengalir ke seluruh bagian sendok. Atau contoh lain misalnya saat kita membakar besi logam dan sejenisnya. Walau hanya salah satu ujung dari besi logam tersebut yang dipanaskan, namun panasnya akan menyebar ke seluruh bagian logam sampai ke ujung logam yang tidak ikut dipanasi. Hal ini menunjukkan panas berpindah dengan perantara besi logam tersebut.

Contoh lainnya adalah ketika kita melihat tukang menempah besi menjadi sesuatu barang semisal parang. Walau hanya ujung besi yang dipanaskan, namun rasa panas menjalar ke semua bagian besi, sehingga para tukang biasanya mengalasi ujung besi yang tidak dipanaskan dengan kain.

Selain itu, juga kita bisa melihat pada kasus melelehnya margarine yang dimasukkan ke dalam wajan yang panas.

Semoga bermanfaat!

Sumber referensi:

1. Suhartini D., Zulaikha I.A., Suryani Y.E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta - PT. Macanan Jaya Cemerlang.
2. Gambar: http://www.mediabali.net/fisika_hypermedia/perpindahan_kalor.html

Catatan: Data di atas sudah mengalami penambahan contoh-contoh dikarenakan banyaknya permintaan untuk menambahkan contoh-contoh lainnya, semoga lebih bisa dipahami. | BY PEACOCK

12 comments:

  1. terimakasih om, artikelnya sangat membantu sekali, terutama untuk adik saya yang kebingungan ngerjain PR ^_^

    www.rieztoshare.com

    ReplyDelete
  2. thanks for your physics materials

    ReplyDelete
  3. ada animasi perpindahan kalornya ga ?

    ReplyDelete
  4. kak mau tanya ni kenap air yang di rebus dengan botol plastik ;;;;; plastiknya tidak meleleh pdahal kan plastik jika tanpa air di tauh di atas api melelh

    ReplyDelete
  5. Untuk Dek Lukman, plastik yg diisi air memang tidak meleleh karena panas yg diberikan oleh api berpindah ke medium air sehingga air yg menjadi panas, panasnya tidak menetap lagi di botol plastik. Sedangkan kalau tanpa air, panas langsung dialirkan ke plastik sehingga plastiknya bisa meleleh. Namun, kalau botol plastik yg berisi air dipanaskan terus menerus, plastiknya tetap akan meleleh nantinya jika zat panas yg mengalir ke air dalam botol sudah mencapai titik panas tertinggi. Mudah2an bisa dipahami yeah ...

    Kalau untuk animasinya, saya sih punya, namun animasinya masih yg berlisensi jadi tidak bisa kami share disini tanpa seijin yg punya. Makasih udah berkunjung

    ReplyDelete
  6. Postingan yang menarik gan ^_^ bermanfaat banget..... ijin pake materinya yah buat ngerjain pr hehe visit juga www.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  7. terima kasih .. bermanfaat skli
    http://nitamaw.student.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  8. terima kasih. bermanfaat sekali ketika saya sangat butuh contoh perpindahan panas

    ReplyDelete
  9. Anak saya lagi ujian topik ini, saya suruh baca ke sini aja

    ReplyDelete