Friday, April 13, 2012

Pendekatan Pendidikan Karakter, Strategi, Tahap Pelaksanaan, Metode dan Keyakinan Dasar PK

Pendekatan Pendidikan Karakter, Strategi, Tahap Pelaksanaan, Metode dan Keyakinan Dasar PK >> Dalam menerapkan atau mengimplementasikan Pendidikan Karakter Bangsa di sekolah, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan persiapkan guna mencapai tujuan utama dari Pendidikan Karakter itu sendiri. 

Kita akan memulai dengan Pendekatan Pendidikan Karakter, Strategi yang diperlukan dalam penerapannya, Tahap Pelaksanaan dan metode-metode yang diperlukan selama proses pengintegrasian PK.
1. Pendekatan PK
    Diperlukan beberapa pendekatan agar PK dapat berjalan dengan baik nantinya yang diantaranya adalah:
*      Keteladanan
*      Kegiatan
*      Penugasan (pendampingan)
*      Pembiasaan
*      Ko-kreasi (keterlibatan aktif siswa)
            ciri-cirinya:
            | melibatkan secara aktif kepala  sekolah, guru, siswa, dan orang tua
            | hubungan subyek-subyek
            | belajar bersama
            | proses yang baik untuk menjamin  hasil yang baik

2. Strategi implementasi PK
    Melakukan sesuatu jangan diawali dengan hal yang besar karena hanya akan menambah beban. Mulailah dengan hal yang sederhana dan merasakan bahwa Penerapan PK di sekolah adalah hal yang menyenangkan. Berikut beberapa strategi yang diperlukan:
*      Kegembiraan baru, bukan beban baru
*      Mulai dengan yang mudah, murah dan mengembirakan
*      Mulai dari diri sendiri
*      Berbagi dan berbagi
*      Apresiasi dan apresiasi

3. Tahap pelasanaan di lapangan
*      Mencerahkan dan  menguatkan keyakinan
*      Mengembangkan gagasan bersama-sama
*      Menyusun rencana tindakan
*      Implementasi rencana tindakan
*      Mengamati perubahan

4. Metode-Metode yang mungkin diperlukan
Multi metode, terutama yang menyentuh hati. Karena sesungguhnya pendidikan karakter adalah mengelola hati.
  
Contoh-contoh kegiatan :

*      Merumuskan dan mewujudkan ciri-ciri kelas yang dibanggakan
*      Membangun harapan & komitmen siswa
*      Merumuskan profil manusia berkarakter
*      Menyusun dan melaksanakan pedoman perilaku
*      Meningkatkan minat baca
*      Menemukenali kata-kata hikmah & memasangnya di ruangan kelas & tempat-tempat strategis
*      Story telling (mengamati & mengabarkan kebajikan)
*      Membiasakan sikap & tindakan baik
*      Mengapresiasi kebaikan dan ihktiar untuk menjadi lebih baik
*      Tema karakter dalam majalah dinding
*      Mengembangkan suasana apresiatif
*      Menyelenggarakan festival kreativitas
*      Pesta olahraga dan apresiasi terhadap karakter pemain
*      Menemu-kenali tokoh idola
*      Membantu peserta didik merumuskan cita-cita
*      Pengembangan dan pembinaan kelompok minat di sekolah
*      Mendorong peserta didik meningkatkan kebersihan dan keasrian sekolah
* Menumbuhkembangkan kepedulian peserta didik terhadap korban bencana/kemalangan
*  Merayakan hari besar keagamaan dengan kegiatan sosial dan kemanusiaan
*      Nonton film yang bertema pendidikan karakter, sejarah, kebudayaan dan lingkungan hidup
*      Membiasakan bekerja dalam kelompok
*      Refleksi
*      Melibatkan orang-tua dalam pendidikan karakter

5. Keyakinan Awal dan Akhir
Untuk melangkah, kita harus terlebih dahulu memiliki keyakinan yang teguh guna menuntuk kita dalam menerapkan PK di kelas kita, diantaranya kita harus yakin bahwa:

*      Pada dasarnya, anak itu baik & memiliki potensi kebajikan.
*      Potensi itu akan tumbuh dan berkembang jika dipupuk & dipelihara.
*   Pemupukan & pemeliharaan potensi itu akan efektif bila dilakukan melalui: keteladanan, pendidikan, pendampingan dan pembiasaan.
*    Jadi kalau ada anak/peserta didik yang tidak baik, pasti ada yang salah (something wrong)

Dengan memiliki Keyakinan yang teguh, maka kita akan dapat mengarahkan diri sendiri dan siswa nantinya. 

Baca juga artikel terkait lainnya diantaranya:
Semoga bermanfaat. AJM-2012

1 comment:

  1. terima kasih telah memberikan informasi yang ada dalam web ini

    ReplyDelete