Friday, April 13, 2012

DASAR PEMIKIRAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

DASAR PEMIKIRAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER
   Sebelum berbicara lebih jauh tentang Pendidikan Karakter, Pastikan bahwa anda mengerti terlebih dahulu apasih yang dimaksud dengan Pendidikan Karakter Bangsa. Untuk menjawab perhal ini, silahkan sobat Belajar membaca postingan saya sebelumnya tentang Pengertian atau Definisi Pendidikan Karakter Bangsa. Kalau sudahm maka mari kita lanjut dengan Dasar Pemikiran mengapa Pendidikan Karakter itu begitu penting.

· Pancasila sebagai dasar negara mengandung nilai-nilai: ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan

· Pasal 31 ayat (3) uud 1945 amandemen: “pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdas-kan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang”

· Undang-undang nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, pasal 3: “pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

·      Uu no. 14/2005 tentang guru & dosen - tugas utama guru :
1.      Mendidik,
2.      Mengajar,
3.      Membimbing,
4.      Mengarahkan,
5.      Melatih,
6.      Menilai dan
7.      Mengevaluasi

·      peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah (ps.1:1)

·  Mendidik berarti, menanamkan nilai-nilai yang baik menata: hati, pikiran dan sikap mental (harus diawali dari diri sendiri)

·   Mengajar berarti, memberikan pengetahuan/bekal (yang bermanfaat) dalam menghadapi kehidupan

·   Membimbing berarti, menuntun ke arah tujuan yang telah ditetapkan (harus jelas)

·      Mengarahkan berarti, menunjukkan kepada pilihan yang terbaik

·   Melatih berarti, membiasakan peserta didik melakukan sesuatu yang baik secara benar dan melakukan sesuatu yang benar secara baik

·  Menilai dan mengevaluasi berarti, menghitung dan mengukur proses dan hasil kerja kita, apakah tujuan yang ingin kita raih sudah sesuai/tercapai atau belum. 

Baca juga artikel terkait lainnya diantaranya:

1 comment: