Sunday, April 29, 2012

ANALISIS KASUS NEGATIF | JENIS PENELITIAN KUALITATIF

ANALISIS KASUS NEGATIF | JENIS PENELITIAN KUALITATIF DARI TRIANGGULASI >> Analisis Kasus Negatif (Nusa Putra, 2011) adalah upaya untuk mencari kasus yang tidak sama atau tidak sejalan dan bahkan bertentangan dengan arus utama informasi sebagai pembanding. Dalam penelitian kualitatif ini merupakan teknik yang sangat berguna karena memberi kesadaran pada peneliti untuk tidak sembarangan dalam membuat kesimpulan.

Tentu saja peneliti tidak perlu menutupi kasus-kasus negatif yang tidak sesuai dengan temuannya sampai sejauh ini. Ia secara jujur haruslah mengungkapkan kasus negatif agar temuannya bisa diberi makna lebih proporsional. Bukankah dalam realitas yang berlapis adanya keberbedaan dan pertentangan adalah sesuatu yang wajar. akan tetapi, yang harus disadari adalah kasus negatif bisa dengan tepat dan proporsional menempatkan temuan penelitian.

Berikut contohnya:

Dalam penelitian tentang anak jalanan ditemukan tingginya solidaritas dan rasa persaudaraan dan kebersamaan serta saling membantu dan berbagi. Hal ini sangat kontras dengan informasi yang berkembang yang menyatakan atau memberi cap, stigma, julukan atau label bahwa anak jalanan adalah anak yang tidak beres, tidak mengenal aturan, semena-mena, liar, dan egois.

referensi:
Putra, N. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. PT. Indeks - Jakarta.
Baca Juga:
1. Prosedur Penelitian Kualitatif
2. Teknik Pengumpulan Data Penelitian

2 comments:

  1. wah saya masih belum terlalu paham nie gan, mungkin karena ane bukan anak ekonomi kali ya?

    ReplyDelete
  2. Sebenernya gak ada kaitrannya seh dengan Ekonomi gan, cuman lebih kepada penelitian gitu materinya

    ReplyDelete