Monday, April 2, 2012

10 MODEL PEMBELAJARAN PALING EFEKTIF 2

Untuk membuat sebuah proses pembelajaran yang efektif, maka sepatutnya kita memerlukan beberapa metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan kita sampaikan. Untuk itu, pada postingan sebelumnya, saya sudah membagikan tetang 10 Model Pembelajaran PAling Efektif 1, dan postingan 10 MODEL PEMBELAJARAN PALING EFEKTIF 2 ini merupakan model-model yang baru saya rangkum dari berbagai sumber.

1. THINK PAIR AND SHARE

(FRANK LYMAN, 1985)

Langkah-langkah :
1.Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2.Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
3.Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
4.Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5.Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
6.Guru memberi kesimpulan
7.Penutup


2. DEBATE
 Langkah-langkah :
1.Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
2.Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3.Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4.Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
5.Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
6.Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.


3. ROLE PLAYING
 Langkah-langkah :
1.Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2.Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
3.Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4.Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
5.Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6.Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
7.Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
8.Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
9.Guru memberikan kesimpulan secara umum
10.Evaluasi
11.Penutup

4. GROUP INVESTIGATION

(SHARAN, 1992)
 Langkah-langkah :

1.Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2.Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3.Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4.Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan
5.Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6.Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
7.Evaluasi
8.Penutup


5. TALKING STICK
Langkah-langkah :
1.Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
3.Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
4.Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5.Guru memberikan kesimpulan
6.Evaluasi
7.Penutup


6. BERTUKAR PASANGAN
 Langkah-langkah :
1.Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa memilih sendiri pasangannya).
2.Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
3.Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
4.Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
5.Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.


7. SNOWBALL THROWING
 Langkah-langkah :
1.Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2.Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3.Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4.Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5.Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
6.Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7.Evaluasi
8.Penutup


8. STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING


Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya


Langkah-langkah :
1.Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
4.Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.
5.Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
6.Penutup


9. COURSE REVIEW HORAY
  
Langkah-langkah :
1.Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
4.Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
5.Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)
6.Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
7.Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
8.Penutup

 
10. EXPLICIT INTRUCTION

(PENGAJARAN LANGSUNG)
(ROSENSHINA & STEVENS, 1986)

Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan  dengan pola selangkah demi selangkah
 
Langkah-langkah :
1.Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2.Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3.Membimbing pelatihan
4.Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5.Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
 
 Semoga artikel 10 MODEL PEMBELAJARAN PALING EFEKTIF 2 bermanfaat bagi anda.

0 comments:

Post a Comment