Thursday, March 15, 2012

PENGERTIAN - DEFINISI IDEOLOGI SECARA DOKTRINER DAN PRAGMATIK RAMLAN SURBAKTI

PENGERTIAN atau DEFINISI IDEOLOGI SECARA DOKTRINER DAN PRAGMATIK RAMLAN SURBAKTI - Suatu bangsa dikatakan Bangsa apabila memiliki ideologi. Ideologi itu kemudian menjadi suatu acuan untuk membangun bangsa dan bagaimana suatu bangsa itu mengarahkan pemerintahannya. Ideologi suatu bangsa dapat berbeda-beda sesuai dengan paham yang dianutnya. Namun apasih yang dimaksud dengan ideologi itu sendiri? mari kita simak pendapat Ramlan Surbekti mengenai Pengertian ideologi ditinjau secara Doktriner maupun secara Pragmatis. 

Pengertian ideologi secara doktriner menurut Ramlan Surbakti.
Ø   Ideologi yang doktrinerbilamana ajaran-ajaran yang terkandung di dalam Ideologi itu dirumuskan secara sistematis, dan pelaksanaannya diawasi secara ketat oleh aparat partai atau aparat pemerintah. Sebagai contohnya adalah komunisme.

Pengertian ideologi secara pragmatis menurut Ramlan Surbakti.
Ø   Ideologi yang pragmatis, apabila ajaran-ajaran yang terkandung di dalam Ideologi tersebut tidak dirumuskan secara sistematis dan terinci, namun dirumuskan secara umum hanya prinsip-prinsipnya, dan Ideologi itu disosialisasikan secara fungsional melalui kehidupan keluarga, system pendidikan, system ekonomi, kehidupan agama dan sistem politik. Pelaksanaan Ideologi yang pragmatis tidak diawasi oleh aparat partai atau aparat pemerintah melainkan dengan pengaturan pelembagaan (internalization), contohnya individualisme atau liberalisme.

0 comments:

Post a Comment