Monday, March 26, 2012

Catatan Deskriptif dan Reflektif | Catatan Lapangan | Field Note

Dalam postingan saya sebelumnya, saya sudah membahas tentang :
  1. Pengertian penelitian Deskriptif
  2. Perdekatan penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
  3. Perbedaan  pendekatan penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Dan juga tentang:
Maka kali ini, menindak lanjuti postingan diatas maka saya akan share tentang Jenis dari Catatan Lapangan atau lebih dikenal dengan Field Note.

Pengertian Catatan Lapangan (Field Note)

Catatan lapangan atau Field note adalah catatan yang digunakan oleh para peneliti untuk mendeskripsikan hasil rekaman peristiwa yang terjadi di lapangan. Dalam penelitian Kualitatif, peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian. Pada saat sang peneliti melakukan penelitian dengan mengamati atau melakukan wawancara, ia harus sesegera mungkin untuk merekam segala peristiwa dalam bentuk deskripsi kedalam catatan lapangannya. Penulisan Field Note haruslah dicatat dengan cermat, terperinci, dan jelas karena catatan lapangan itulah yang akan dianalisis dan diolah sebagai hasil penelitian dalam penelitian kualitatif.
Jenis Catatan Lapangan

Pada dasarnya, catatan lapangan atau Field Note terdiri dari dua bagian yaitu :
  1. Catatan Deskriptif (Descriptive Note)
  2. Catatan Reflektif (Reflective Note)

  • Catatan Deskriptif
Catatan deskriptive, sesuai dengan namanya yaitu tentu saja berupa deskripsi atau gambaran rinci mengenai lokasi, situasi, kejadian atau peristiwa serta apapun yang dialami oleh peneliti dan hasil-hasil pembicaraan atau wawancara yang apa adanya tanpa disertai dengan perasaan pribadi dari sang peneliti. Misalnya saja mendeskripsikan keadaan seseorang dengan menggunakan kata-kata seperti tingginya atau beratnya, bukan menjustifikasi seperti gendut atau kurus.

Seorang peneliti harus mendeskripsikan dengan tepat dan benar sehingga pembaca dapat melihat dan merasakan apa yang dilihat dan didengar oleh peneliti, bukan apa yang dirasakan.

  • Catatan Reflektif
Catatan Reflektif tentu saja merupakan kebalikan dari catatan deskriptif.  Kalau dalam catatan deskriptif hanya menggambarkan realitas  dan bukan pendapat atau  perasaan pribadi sang peneliti. Justru, Catatan Reflektif adalah ruang bagi si peneliti untuk mengungkapkan perasaannya terhadap hasil observasinya. Dalam bagian ini, si peneliti mendapatkan kesempatan untuk melimpahkan perasaannya terhadap apa yang ditelitinya.

Semoga artikel Catatan Deskriptif dan Reflektif ini dapat membantu agan...

1 comment:

  1. adakah contoh sederhana dari field notes deskriptif?
    terima kasih

    www.hasitahassya.com

    ReplyDelete