Monday, February 6, 2012

TIPS UNTUK MENJADI PROBLEM SOLVER YANG SUKSES


  1. Jangan takut masalah, demikian pula jangan menyatakan “kita tidak mempunyai masalah”. Masalah ada dimana-mana, karena itu anda harus secara aktif mencari dan menyelesaikan masalah itu. Apabila tidak ada lagi masalah yang penting, anda harus menciptakan masalah melalui penetapan target yang lebih tinggi ketika merumuskan tujuan untuk peningkatan kinerja (performance improvement).
  2. Selalu gunakan data yang dikumpulkan melalui pengukuran yang akurat, bukan perkiraan-perkiraan. Lakukan pengamatan secara hati-hati di tempat masalah itu terjadi, kemudian usahakan pahami fakta yang ada dan gunakan data akurat yang telah dikumpulkan.
  3. Pelajari alat-alat manajemen untuk menyelesaikan masalah, karena anda tidak akan “menang berperan dengan tangan kosong”.
  4. Tingkatkan kemampuan teknikal melalui keahlian khusus, teknik-teknik, dan tricks.
  5. Selalu ikuti langkah-langkah sistematik dalam solusi masalah. Gunakan buku ini sebagai panduan kreatif solusi masalah.
  6. Jangan mau diperdaya oleh solusi-solusi menarik yang ditampilkan. Analisis akar penyebab yang mungkin secara hati-hati dan hanya buat keputusan setelah mengidentifikasi akar penyebab yang sesungguhnya.
  7. Jangan pernah mencari “kambing hitam” atau menyalahkan, sehingga masalah tak terselesaikan. Tanpa pendekatan rasional dalam solusi masalah, segala kemungkinan akan ditampilkan dan pada akhirnya hanya berlalu begitu saja tanpa hasil (tidak ada solusi masalah).
  8. Jangan pernah menyalahkan situasi dan kondisi, tetapi kondisikanlah diri anda pada situasi dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah.

0 comments:

Post a Comment