Thursday, February 2, 2012

TANTANGAN KATEKESE JAMAN SEKARANG


TANTANGAN KATEKESE JAMAN SEKARANG - Dewasa ini dunia memasuki zaman baru yaitu zaman globalisasi. Kemajuan di bidang teknologi informasi dan transportasi mewarnai zaman ini. Karena kemajuan ini setiap orang di dunia dapat dengan mudah menjalin relasi dan berkomunikasi. Internet dan handphone menjadikan membuat orang lebih cepat menerima informasi dan melakukan komunikasi tanpa mengenal batasan tempat dan waktu. Kemudahan dalam transportasi juga menjadikan orang dengan cepat dan mudah datang pada suatu tempat yang jauh sekalipun. Dunia kini bukan lagi hal yang sulit untuk dijangkau.

Kemajuan jaman ini memberikan banyak keuntungan bagi para pengusaha karena relasi mereka semakin luas dan semakin berkembang. Namun di sisi lain globalisasi menjadikan banyak orang yang kurang mendapat kesempatan menjadi semakin miskin dan menderita. Kini jumlah pengangguran semakin banyak, anak-anak kecil dari keluarga yang kurang mampu semakin sulit untuk mendapatkan kesempatan pendidikan, dan lowongan pekerjaan terbatas hanya bagi orang-orang yang memiliki kwalitas tertentu saja, serta penderitaan semakin bertambah ketika bencana alam terjadi dimana-mana. Kenyataan tersebut menjadikan banyak orang hidup dalam ketakutan dan kecemasan dalam mempertahankan hidupnya, sehingga tidak jarang orang seringkali bertindak ceroboh, nekat, dan lupa akan nilai-nilai kemanusiawian agar dapat mempertahankan hidup mereka.

Situasi seperti itulah yang menjadi tantangan katekese pada zaman sekarang. Orang kini tidak membutuhkan banyak diskusi atau obrolan-obrolan yang kurang memberikan keuntungan material bagi dirinya. Orang membutuhkan kesempatan untuk melakukan suatu tindakan yang dapat mengubah penderitaannya. Katekese yang banyak membicarakan hal-hal ilahi dirasa tidak dapat menjawab kebutuhan umat secara langsung, bahkan katekese hanya dianggap sebagai obrolan kosong yang tidak memberikan apa-apa bagi kelangsungan hidup mereka. Sedangkan bagi orang-orang yang sudah sukses, katekese merupakan kegiatan yang tidak terlalu penting bagi kemajuan usaha mereka. Katekese dianggap sebagai kegiatan yang hanya buang-buang waktu saja di tengah kesibukan mereka bekerja.

0 comments:

Post a Comment