Monday, February 6, 2012

Sikap Profesional Seorang Petugas


Sikap Profesional Seorang Petugas

1.      Amati dan Dengarkan (Look and Listen)
2.      Air muka bersahabat (friendly Expression)
3.      Semangat melayani (Eagerness to Serve)
4.      Penampilan yang menyakinkan (Good Performance)
5.      Grooming menyangkut seluruh anggota badan mulai dari ujung rambut sampai ujung sepatu.
P: Posrture, presense, poise (sikap tubuh yang baik)
L: Look and Listen (senantiasa mengamati dan mendengarkan)
E: Expression (air muka yang menyenangkan)
A: Appearance (penampilan yang pantas)
S: Speech and Smile (berbicara jelas dan tersenyum ramah)
E: Eagerness to serve (bersemangat melayani).

Untuk menjadi seorang petugas yang professional harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik sehingga apabila terdapat pelayanan yang dirasakan kurang hendaknya langsung diperbaiki. Berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki pelayanan.
1.      Memanggil pelanggan dengan namanya.
2.      Tersenyum pada semua tamu sambil menatap matanya.
3.      Memakai name tag/badge yang baik dan tidak miring.
4.      Bukalah pintu untuk mereka dan ucapkan hello atau berikan salam sesuai dengan waktunya.
5.      Berkelilinglah dan berbicaralah dengan para tamu.
6.      Dengarkanlah para tamu apa yang diinginkannya.
7.      Letakkan vas bunga pada tempat-tempat yang serasi.
8.      Kirimkanlah kartu lebaran, natal/tahun baru/ulang tahun pada tamu yang merayakannya.
9.      Undang para tamu pada acara-acara tertentu di perusahaan.
10.  Biasakanlah untuk memungut kertas atau kotoran-kotoran di tempat umum bila kita menemukannya.
11.  Adakanlah review tentang customer service di tempat kerja secara regular.
12.  Periksalah pelayanan di tempat kita dengan menggunakan orang lain (shopper).
13.  Dorong/himbaulah orang-orang di sekitar kita untuk berkomunikasi dengan para tamu.
14.  Ujilah fasilitas-fasilitas yang dipergunakan tamu secara rutin.
15.  Berikanlah hadiah-hadiah yang kreatif kepada tamu.
16.  Berbicaralah dengan anak-anak yang dibawa oleh tamu.
17.  Bantulah membawakan tas, koper tamu dari mobil atau mau ke mobil.
18.  Mintalah atasan kita untuk mengucapkan terima kasih atas kerja sama para tamu selama ini.
19.  Bantulah rekan-rekan kita untuk memperbaiki customer service mereka.
20.  Libatkan para tamu kita untuk memperbaiki pelayanan di tempat kita dengan meminta mengisi kuisioner atau saran-saran.

0 comments:

Post a Comment