Sunday, February 19, 2012

RESEARCH STATISTICS: PENGERTIAN DAN JENIS STATISTIKA

 Jelaskan pengertian dan jenis-jenis statistika yang Anda ketahui!, yup ini adalah salah satu pertanyaan dari 5 soal ujian akhir semester lalu untuk mata pelajaran Research Statistics, Well, supaya Sobat Jufry semua yang akan mengambil MK ini tidak kesulitan lagi bila mendapatkan pertanyaan seperti diatas ini, saya mencoba untuk share buat agan2 smua yang pada sibuk mencari jawaban dari soal diatas. 

Baiklah, kita langsung aja sob ke TKP di bawah ini:

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pengumpulan data, penyajian data, dan analisis data sehingga diperoleh kesimpulan yang dapat diterima secara logis.

Statistika dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial. Selanjutnya Statistik Inferensial dapat dibedakan menjadi Statistik Parametris dan Non Parametris.

Statistika Deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu statistic yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu statistik hasil penelitian, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang  lebih luas (generalisasi/inferensi), Penelitian yang tidak menggunakan sampel, analisisnya akan menggunakan Statistik Deskrisptif. Demikian juga penelitian yang menggunakan sampel, tetapi peneliti tidak bermaksud untuk membuat kesimpulan untuk populasi darimana sampel diambil, maka statistik yang digunakan adalah Statistic Deskriptif. Dalam hal ini teknik korelasi dan regresi juga dapat berperan sebagai Statistik Deskriptif.

Statistika   Inferensial   adalah   statistik   yang  digunakan  untuk menganalisis data sampel, dan hasilnya  akan    digeneralisasikan (diinferensikan)  untuk    populasi    dimana sampel diambil. Terdapat   dua   macam   Statistik Inferensial yaitu  Satitistik Parametris dan Nonparametris. Statistik Parametris terutama digunakan untuk   menganalisis data   interval   atau   rasio, yang diambil dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan Statistik Nonparametris terutama digunakan  untuk    menganalisis data nominal, dan ordinal    dari   populasi  yang bebas terdistribusi, jadi tidak harus normal. Dalam hal ini teknik korelasi dan regresi dapat berperan sebagai Statistik Inferensial.

Semoga artikel ini bermanfaat, kalau sobat ada tugas kuliah yang sulit dijawab, silahkan masukkan di kotak komentar di bawah ini, saya akan coba membantu sobat selagi saya bisa, Thankz udah berkunjung :)

0 comments:

Post a Comment