Monday, February 20, 2012

RESEARCH METHOD IN ELT: CONTOH RUMUSAN MASALAH

Menempuh mata kuliah di Kampus saya yang baru lumayan berabe membuat saya jadi serba bingung ngerjain tugas-tugas yang hari-demi hari numpuk n gak tau ujung pangkal dari tugas-tugas tersebut. Untungnya kini ada mbah google yang membantu (ckckckc)... Ok,,,, salah satu MK yang rada2 membingungkan adalah MK RESEARCH METHOD IN ELT yang lumayan menguras otak. Ahhh ngelantur kesana-sini deh jadinya. Ok langsung saja yah berikut contoh permasalahan yang dihadapi di sekolah dan problem solvingnya.

A.      Latar Belakang
Implementasi pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar pada jaman dewasa ini semakin berkembang dan bervariasi dalam cara penyampaiannya. Begitu banyak metode yang digunakan agar pengajaran Bahasa Inggris menjadi menyenangkan.

B.      Masalah
Namun, sebagai guru Bahasa Inggris di salah satu SD di Tarakan, saya melihat secara langsung bagaimana siswa saya sangat lemah dalam hal membaca atau reading. Ketika mereka saya minta untuk membaca sebuah teks fungsional pendek, mereka lamban sekali dalam menyelesaikan sebuah bacaan singkat. Setelah saya mendalami jauh permasalahan siswa saya, saya kemudian mendapati bahwa mereka takut untuk membuat kesalahan.

C.      Problem solving
Dari masalah yang timbul diatas, saya kemudian membuat strategi sederhana yaitu dengan metode Reading Race. Pertama, saya memcoba membaca bacaan tersebut secara lambat kemudian diulangi lagi dengan tempo yang cepat. Kedua, saya meminta mereka mengikuti saya kalimat demi kalimat sebanyak dua kali, lambat dan cepat. Langkah terakhir saya meminta mereka maju berdua-dua dan mereka berlomba membaca cepat tanpa perlu takut membuat kesalahan. Ternyata setelah melakukan metode sederhana ini, mereka tidak malu lagi untuk membaca, bahkan membaca cepat, walaupun mereka melakukan kesalahan.

D.      Refleksi
Jika dalam melakukan suatu pekerjaan, seseorang harus memiliki 1001 cara untuk mengatasinya, maka seorang guru harusnya memiliki 2001 cara dalam menangani setiap masalah yang dihadapi oleh siswa binaannya. Kita seharusnya menjadi guru yang mampu menyelami permasalahan siswa dan mengeluarkan mereka dari sangkar permasalahan mereka.

1 comment:

  1. Saya suka blog Anda, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari Anda. Apakah Anda menjalankan situs lain?

    ReplyDelete