Monday, February 6, 2012

RATER LIMA KATEGORI ELEMEN KUNCI KUALITAS JASA DALAM BIDANG INDUSTRI


Dalam bidang industri jasa dikenal pula kualitas pelayanan servqual (service quality). Terdapat lima kategori kualitas jasa ini. Untuk memudahkan kita mengingat kelima elemen kunci dalam kualitas jasa, digunakan akronim RATER. Kelima atribut kualitas jasa yang perlu diperhatikan oleh manajemen industri jasa adalah:

R (Reability), merupakan kemampuan dari pihak pemberi jasa dalam memberikan apa yang dijanjikan kepada penerima jasa (pelanggan) secara akurat. Atribut ini berkaitan dengan akurasi pelayanan yang bebas dari kesalahan.

A (Assurance), berkaitan dengan pengetahuan, kesopanan, dan kemampuan pekerja (pemberi jasa) untuk membangkitkan rasa percaya dan keyakinan penerima jasa (pelanggan) atas jasa yang diterimanya.

T (Tangibles), berkaitan dengan fasilitas-fasilitas fisik, peralatan, dan penampilan personel pemberi jasa.

E (empathy), berkaitan dengan perhatian dan kepedulian pemberi jasa kepada penerima jasa (pelanggan).

R (Responsiveness), berkaitan dengan tanggung jawab dan keinginan untuk memberikan jasa yang prima serta membantu penerima jasa (pelangga) apabila menghadapi masalah berkaitan dengan jasa yang diberikan oleh pemberi jasa. 

0 comments:

Post a Comment