Friday, February 10, 2012

PENGERTIAN SEMANTIK MENURUT PARA AHLI | DEFINISI SEMANTIK


Pengertian atau Definisi Semantik Menurut Para Ahli - Semantik adalah salah satu cabang ilmu bahasa. Selain semantik, ada juga Fonologi, Morfologi, Syntax, dan Pragmatik. Namun, dalam kesempatan ini, saya mau share tentang Definisi atau Pengertian Semantik saja. Secara umum, semantik adalah cabang ilmu bahasa yang mengkaji tentang makna suatu kata atau kalimat. Namun,  ada banyak versi dari pengertian semantik ini. Pengertian semantik yang berbeda-beda tersebut justru diharapkan dapat mengembangkan disiplin ilmu linguistik yang amat luas cakupannya. Baiklah, kita lihat saja beberapa pandangan atau hasil pemikiran dari para ahli di bawah ini mengenai Semantik.

  • Charles Morrist
Mengemukakan bahwa semantik menelaah “hubungan-hubungan tanda-tanda dengan objek-objek yang merupakan wadah penerapan tanda-tanda tersebut”.

  •  J.W.M Verhaar; 1981:9
Mengemukakan bahwa semantik (inggris: semantics) berarti teori makna atau teori arti, yakni cabang sistematik bahasa yang menyelidiki makna atau arti.
  • Lehrer; 1974: 1
Semantik adalah studi tentang makna. Bagi Lehrer, semantik merupakan bidang kajian yang sangat luas, karena turut menyinggung aspek-aspek struktur dan fungsi bahasa sehingga dapat dihubungkan dengan psikologi, filsafat dan antropologi.
  • Kambartel (dalam Bauerk, 1979: 195)
Semantik mengasumsikan bahwa bahasa terdiri dari struktur yang menampakan makna apabila dihubungkan dengan objek dalam pengalaman dunia manusia.
  • Dr. Mansoer pateda
Semantik adalah subdisiplin linguistik yang membicarakan makna.

  • Abdul Chaer
Semantik adalah ilmu tentang makna atau tentang arti. Yaitu salah satu dari 3 (tiga) tataran analisis bahasa (fonologi, gramatikal dan semantik).
  • Ferdinand de Saussure (1966)
Semantik terdiri dari:
1. Komponen yang mengartikan, yang berwujud bentuk dan bunyi bahasa.
2. Komponen yang diartikan atau makna dari komponen yang pertama itu.
  • Drs. Aminuddin, M.Pd
Semantik mengandung pengertian studi tentang makna dengan anggapan bahwa makna menjadi bagian dari bahasa, maka semantic merupakan bagian dari linguistik.


Baiklah, untuk semantara itu dulu, kalau mau tahu lebih banyak tentang semua ilmu bahasa ini, silahkan kunjungi blog di bawah ini:

5 comments:

  1. boleh tau ga ya, artikel ini referensi dri buku apa? terima kasih~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lingusitik karangan Bapak Abdul Chaer

      Delete
    2. maaf kalau boleh tahu pada halaman berapa materi tentang semantiknya?

      Delete
  2. Terima kasih atas pencerahannya mengenai Semantik.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas pencerahannya mengenai Semantik.

    ReplyDelete