Wednesday, February 15, 2012

PEMBELAJARAN KOMPONEN BAHASA DALAM KELAS EYL


Apakah yang dimaksud dengan Komponen Bahasa? Yup, terkadang pertanyaan ini simple namun sulit untuk dijawab. Untuk itu, sebagai pendidik maupun siswa atau mahasiswa yang khusus belajar bahasa, seharusnya kita mengenal dahulu apa saja yang menjadi komponen Bahasa, sehingga Indikator pembelajaran Bahasa dapat tercapai dengan baik. Untuk itu, berdasarkan referensi saya dari buku English For Young Learner karangan Kasihani KE Suyanto, saya ingin membagikan kepada anda semua apasaja yang termasuk dalam Komponen Bahasa itu.

Pada umumnya komponen bahasa terdiri dari tiga komponen yaitu Tata Bahasa (Grammar),Kosakata (Vocabulary), dan Pelafalan (Pronunciation). Untuk ketiga komponen ini dibahasakan sebagai berikut:


  • Tata Bahasa (Grammar)
Tatabahasa atau kaidah-kaidah bahasa merupakan pola dan aturan yang harus diikuti bila kita mau belajar suatu bahasa dengan benar. Istilah Structure atau Grammar sering sekali dipakai dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk komponen bahasa yang pertama ini. Komponen ini merupakan kerangka bahasa yang harus diikuti agar bahasa bisa diterima dengan baik. Sebuah bahasa dikatakan baik apabila sesuai atau mematuhi aturan atau tata bahasa yang berlaku untuk bahasa tersebut.



  • Kosakata (Vocabulary)
Kosakata atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Vocabulary merupakan kumpulan kata yang dimiliki oleh suatu bahasa dan memberikan makna bila kita menggunakan bahasa tersebut. pada umumnya pembagaian Kosakata dibagi dalam 4 kelompok besar yaitu Kelompok kata Benda (Noun), Kelompok kata Kerja (Verb), Kelompok Kata Sifat (Adjective), dan Kelompok Kata Keterangan (Adverb) selain itu dikenal kelompok kata yang lain yaitu Pronoun, Article, Preposition dan Conjunction. Untuk pelajaran Bahasa Inggris saja di SD, diperkirakan sekitar 500 kata yang perlu dipelajari.



  • Pelafalan (Pronunciation)
Pelafalan atau Pronunciation adalah cara mengucapkan kata-kata suatu bahasa. Dalam pelafalan sudah termasuk intonasi serta stressing atau penekanan pada suku kata tertentu.


DAFTAR PUSTAKA / REFERENSI:

Suyanto, K.K.E. 2007. English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

0 comments:

Post a Comment