Friday, February 17, 2012

Macam-macam Tulisan (jenis tulisan): Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi dan Narasi

Macam-macam Tulisan (jenis tulisan)

            a.  Deskripsi
Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata suatubenda, tempat, suasana atau keadaan. Seorang penulis deskripsi mengharapkan   pembaca melalui tulisannya dapat melihat, mendengar, mencium bau, mencicipi, dan merasakan hal yang sama dengan penulis. Dapat disimpulkan bahwa deskripsi merupakan hasil dari observasi melalui panca indra, yang disampaikan dengan kata-kata. 

           b. Eksposisi
Eksposisi/paparan menampilkan suatu objek. Peninjauannya terpusat pada satu unsur saja. Penyampaian gagasan dilakukan secara analitis kronologis atau keruangan. 

           c. Argumentasi
Argumentasi sebenarnya dapat dikatagorikan ke dalam eksposisi. Di dalam penyampaikan suatu argumen diperlukan paparan-paparan. Berdasarkan teknik pemaparannya, jenis karangan ini pada prinsipnya disebut juga persuasi. Jenis argumentasi ini lebih bersifat mengajak, mempengaruhi, atau meyakinkan pembaca terhadap suatu hal atau objek. Biasanya, tulisan jenis ini menggunakan perkembangan analitis.

           d.  Narasi
Narasi adalah kisahan atau cerita. Kisahan ini ada yang merupakan kisah sejati.Yaitu, suatu kejadian yang benar-benar terjadi, dan ada pula yang rekaan, atau fiksi yang direka atau dikarang oleh penulisnya. Sebuah cerita, baik yang terjadi sebenarnya maupun yang rekaan, selalu berputar di sekitar konflik, atau tikaian. Kadang-kadang kita temukan lebih dari sebuah konflik pada suatu cerita. Tanpa konflik, tidak ada cerita. Konflik itu tejadi di antara  tokoh-tokoh di dalam cerita itu, dan tokoh-tokoh itu hidup pada suatu negeri dan suatu zaman, dan ini berkaitan dengan kehidupan social, budaya, politik, ekonomi serta seluruh aspek yang lazim terdapat dalam kehidupan di negeri itu pada zaman yang diceritakan. Hal inilah yang biasanya disebut latar, atau setting, dan ini adalah unsur yang sangat penting dalam penulisan cerita. Latar yang sangat tajam akan menghasilkan warna local yang dinilai tinggi oleh para ahli.

0 comments:

Post a Comment