Monday, February 6, 2012

KUNCI KOMUNIKASI EFEKTIF DI DEPAN TELEPON | FAKTOR KUNCI


Dalam postingan sebelumnya tentang Latihan Uji Kemampuan Berbicara di Depan Telepon, saya yakin sobat Jufry s'mua sudah menilai diri anda masing-masing. Well, sebagai kelanjutan dari postingan saya sebelumnya, maka berikut ini akan digoreskan faktor – faktor kunci untuk memastikan komunikasi yang efektif di telepon, meliputi:
§  Jelas.
§  Tepat.
§  Sopan.
§  Mengendalikan hubungan telepon.

Ø  Jelas
-          Berbicaralah yang jelas;
-          Hindarilah menggunakan jargon;
-          Pastikan bahwa anda mengerti dan dimengerti, dengan memberikan dan meminta umpan balik.

Ø  Tepat
-          Tentukan tujuan anda setiap memulai hubungan telepon;
-          Ketahui siapa yang ingin anda ajak bicara;
-          Ketahui apa yang ingin anda katakan;
-          Persiapkan semua informasi di dekat anda ketika anda menelepon.

Ø  Sopan
-          Janganlah menelepon ketika anda sedang marah;
-          Jangan membiarkan perasaan frustasi anda tampak dalam suara anda;
-          Selalu bersikap sopan;
-          Sebutkan nama jika situasinya tepat;
-          Dengarkanlah nada suara orang lain untuk mengetahui makna yang tersembunyi;
-          Tersenyumlah.

Ø  Mengendalikanhubungan telepon
-          Dengan membuat perencanaan;
-          Dengan mempraktekkan keterampilan untuk bersikap asertif.

0 comments:

Post a Comment