Friday, February 3, 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE BASED LEARNING

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE BASED LEARNING

Dalam setiap metode belajar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, guru diharapkan jeli dalam memilih metode mengajar yang akan digunakan berdasarkan karakter siswa dan materi yang akan disampaikan. Guru yang cerdik biasanya memakai metode tertentu untuk setiap materi yang akan disampaikannya. 

Sebelumnya saya sudah memposting artikel mengenai definisi metode based learning, ciri-ciri metode based learning dan juga tentang tujuannya. Nah, berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan dari metode based learning:

a. Kelebihan
  1. Metode ini memberikan kesempatan pada siswa untuk mengemukakan pendapat
  2. Menguntungkan para siswa yang lemah dalam pemecahan masalah. Karena pemecahan masalah dilakukan oleh kelompok biasanya lebih tepat daripada memecahkan masalah secara perseorangan
  3. Meningkatkan kemungkinan siswa berpikir kritis
  4. Dapat mengembangkan rasa kepemimpinan
  5. Siswa dapat belajar memehami siswa lain karena pendapat setiap siswa selalu berbeda
  6. Dapat saling membantu dalam memecahkan masalah
  7. Meningkatkan keakraban antar siswa
  8. Membuat siswa lebih aktif
  9. Dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
  10. Menimbulkan ide-ide baru
b. Kelemahan
  1. Metode ini tidak menjamin penyelesaian, sekalipun kelompok setuju atau membuat kesepakatan . Sebab keputusan yang dicapai belum tentu dilaksanakan
  2. Seringkali didominasi oleh seorang atau beberapa orang anggota diskusi dan menyebabkan orang yang tidak berminat hanya sebagai penonton
  3. Kadangkala, terjadi adanya pandangan dari berbagai sudut bagi masalah yang dipecahkan, bahkan mungkin pembicaraan menjadi menyimpang, sehingga memerlukan waktu yang panjang.
  4. Seingkali anggota kelompok mencoba mendominasi pembicaraan, sedangkan anggota lainnya mungkin segan untuk ikut berpartisipasi.
  5. Model pembelajaran Based Learning biasa dilakukan secara berkelompok membuat siswa yang malas semakin malas
  6. Siswa merasa guru tidak pernah menjelaskan karena model pembelajaran ini menuntut siswa yang lebih aktif

0 comments:

Post a Comment