Thursday, February 2, 2012

KEBUTUHAN AKAN PASTORAL SEKOLAH DI SEKOLAH NEGERI


Di sekolah-sekolah Negeri terdapat siswa-siswa yang beragama Katolik. Mereka wajib digembalakan oleh Gereja Katolik. Hidup rohani mereka sebagai warga Katolik harus tetap terjamin. Mereka harus dibina menuju ke keselamatan atau kelestarian atau keutuhan sebagaimana yang diwartakan dan diwujudkan oleh Allah dalam Kristus sebagai Gembala utama. Maka pastoral sekolah di sekolah-sekolah Negeri merupakan karya Gereja kepada umatnya yang berada di dalam lingkup Sekolah Negeri.

Pastoral sebagai penggembalaan rohani umat harus dilaksanakan di tempat di mana umat berada. Ibarat domba-domba, mereka harus didampingi dan digembalakan di dalam situasi hidupnya yang nyata. Situasi hidup mereka yang nyata ialah bahwa mereka bersekolah di Sekolah Negeri. Mereka berhak menerima penggembalaan dari Gereja. Maka Gereja sedapat-dapatnya juga perlu hadir dan melaksanakan tugasnya di Sekolah Negeri, khususnya bagi siswa-siswa Katolik yang bersekolah di sana.

Guru-guru agama Katolik yang mengajar di Sekolah Negeri harus melihat tugas dan fungsinya sebagai kehadiran penggembalaan Gereja di tengah-tengah siswa-siswa Katolik yang berada di Sekolah Negeri. Untuk itu para Guru Agama Katolik belum cukup jika hanya membekali diri di dalam teknik-teknik mengajar agama. Mereka harus memperluas keterampilan mengajar mereka dengan keterampilan berpastoral.

0 comments:

Post a Comment