Thursday, February 2, 2012

KATEKESE DAN TUJUANNYA


KATEKESE DAN TUJUANNYA - Tantangan zaman yang besar bagi kehidupan seorang beriman, baik mereka yang hidup dalam kesulitan dan mereka yang hidup dalam kelebihan, menjadikan mereka bertanya-tanya akan peranan Allah dalam hidupnya. Bagi yang hidup dalam kesusahan mereka akan mencari-cari apakah Allah adil membiarkan hidup mereka menderita dan apa rencana Allah dalam hidup mereka yang menderita. Sedangkan bagi mereka yang hidup berkelebihan akan mencari-cari kebahagiaan yang sesungguhnya, karena kelebihan yang mereka miliki tidak memberikan kepuasan batin bagi dirinya.  Bagi orang-orang yang setia kepada Allah mereka terus berusaha menemukan kehendak Allah dalam hidupnya. Katekese bagi mereka merupakan kesempatan untuk berefleksi menjawab kerinduan mereka. Berdasarkan hal tersebut maka katekese diartikan sebagai suatu kegiatan pertemuan umat atas dasar kerinduan akan kehadiran Allah dalam hidupnya, dimana dalam pertemuan ini umat mengungkapkan pergulatan hidupnya dan kemudian memaknainya dengan ajaran iman akan Yesus Kristus sehingga umat sungguh merasakan kehadiran Allah dalam hidupnya dan semakin bersemangat menjalani hidup karena Allah menyertainya..Secara singkat katekese dapat dipahami sebagai suatu komunikasi iman orang-orang yang rindu akan kehadiran Allah dalam hidupnya.

Berdasarkan pengertian itu nampaklah bahwa tujuan dari katekese adalah menjawab kerinduan umat akan kehadiran Allah dalam hidup mereka sehingga mereka merasakan kehadiran Allah dalam pergulatan hidup umat sehari-hari, terus menerus memperbaharui hidup (metanoia) dan semakin beriman akan Yesus Kristus dengan mengamalkan kasih dan menghadirkan Kerajaan Allah di tengah dunia.

Pengertian dan tujuan katekese yang telah dipaparkan diatas, hampir senada dengan pengertian yang dirumuskan oleh seorang ahli katekese yaitu Thomas Groome yang menyatakan bahwa hakikat dan tujuan katekese merupakan gerakan mengkomunikasikan harta kekayaan iman Gereja supaya dapat membentuk dan membantu jemaat memperkembangkan imannya pada Yesus Kristus baik secara  personal maupun komunal demi terwujudnya nilai-nilai Kerajaan Allah di tengah kenyataan dunia.

0 comments:

Post a Comment