Friday, February 17, 2012

FAKTOR PENDUKUNG TERJADINYA PEMBELAJARAN YANG EFISIAN (PEMBELAJARAN BERBASIS KELAS/PBK)

Keberhasilan belajar dan mengajar bergantung pada keyakinan kita tentang faktor-faktor pendukung terjadinya pembelajaran yang efesien. Beberapa faktor mengajar yang perlu diperhatikan supaya proses belajar berlangsung baik antara lain:

1)    Kesempatan untuk belajar, kegiatan pembelajaran perlu menjamin pengalaman siswa untuk secara langsung mengamati dan mengalami   proses, produk, keterampilan, dan nilai yang diharapkan.
2)    Pengetahuan awal siswa, kegiatan belajar perlu mengaitkan dengan pengetahuan awal siswa, keterampilan dan nilai yang dimiliki sambil memperluas dan menunjukkan keterbukaan pada cara pandang dan cara tindakan sehari-hari.
3)    Refleksi, kegiatan mengajar perlu menyediakan pengalaman belajar bermakna yang mampu mendorong tindakan (aksi) dan renungan (refleksi) pada siswa.
4)    Motivasi, kegiatan mengajar harus perlu menyediakan pengalaman belajar yang memberi motivasi   dan kejelasan tujuan.
5)    Keragaman individu, kegiatan mengajar perlu menyediakan pengalaman belajar yang mempertimbangkan perbedaan individu.
6)    Kemandirian dan kerja sama, kegiatan mengajar perlu menyediakan pengalaman belajar yang mendorong siswa untuk belajar secara mendiri maupun melalui kerjasama.
7)    Suasana yang mendukung, sekolah dan kelas perlu diatur lebih aman dan lebih kondusif untuk menciptakan situasi supaya siswa belajar lebih efektif.
8)    Belajar untuk kebersamaan, kegiatan mengajar menyediakan pengalaman belajar yang mendorong siswa untuk memiliki simpati, empati, dan toleransi pada orang lain.
9)    Siswa sebagai pembangun gagasan, kegiatan mengajar menyediakan pengalaman belajar yang mengkomodasi pandangan bahwa pembangunan gagasan adalah siswa sedangkan guru hanya sebagai penyedia kondisi supaya perestiwa belajar berlangsung.
10) Rasa ingin tahu, kreatifitas, dan ketuhanan, kegiatan mengajar  menyediakan pangalaman yang memupuk rasa ingin tahu, mendorong kreativitas dan selalu mengagumkan kebesaran Yang Maha Esa.
11) Menyenangkan, kegiatan mengajar perlu menyediakan pengalaman belajar yang menyenangkan siswa.
12) Interaksi dan Komunikasi, kegiatan mengajar perlu menyediakan pengalaman belajar yang meyakinkan siswa terlibat secara aktif secara mental, fisik, dan social. 
13) Belajar dan Cara Belajar, kegiatan mengajar  perlu menyediakan pengalaman belajar yang memuat keterampilan belajar sehinggasiswa terampil belajar bagaimana belajar (learn how to learn).

0 comments:

Post a Comment