Wednesday, February 1, 2012

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar - Membicarakan hasil belajar siswa tidaklah mudah. Ada berbagai faktor yang memepengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Diantara faktor-faktor itu dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu faktor individual dan faktor sosial. Faktor yang ada dalam organisme disebut faktor individual yang terdiri dari : (1) kematangan, (2) kecerdasan, (3) latihan dan pengembangan, (4) motivasi dan sifat pribadi seseorang. Selain faktor individual, masih ada faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar, yakni faktor sosial. Faktor sosial adalah semua hal yang berada dari luar diri siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Faktor-faktor tersebut adalah : (1) keadaan keluarga (2) guru dan cara mengajar, (3)  alat peraga, (4) lingkungan dan kesempatan, (5) motivasi sosial.[1]

Kematangan siswa dalam proses belajar mengajar memberikan hasil yang baik. Seperti dalam melatih anak usia 6 bulan untuk berjalan adalah suatu yang mustahil, karena potensi fisik dan psikisnya belum matang. Kematangan siswa untuk belajar sangat penting. Diharapkan sebelum memberikan pembelajaran kepada siswa pertimbangkan dulu kematangan fisik dan psikisnya. Hal ini terlebih untuk mendapat hasil belajar sesuai yang diharapkan. Selain kematangan, kecerdasan juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam pencapaian hasil belajar. Seorang siswa yang cerdas memperoleh nilai yang lebih baik dibandingkan siswa yang kurang cerdas. Demikian pula dengan mata pelajaran tidak semua anak mampu. Ada sebagian siswa yang menonjol sesuai dengan taraf kecerdasannya. Jelas terlihat bahwa dalam pencapaian hasil belajar kecuali kematangan, kecerdasan juga memegang peranan.
Selain kematangan dan kecerdasan, pengulangan terhadap materi pelajaran juga memegang peranan. Semakin sering mengulang maka siswa akan mampu mempelajari pelajaran yang sulit sekalipun. Latihan pengembangan yang berkelanjutan dapat menimbulkan minat yang besar untuk menguasai kecakapan dan pengetahuan yang dulu tidak disukai siswa. Hasrat yang ada dalam diri siswa untuk belajar dapat ditumbuhkan dengan menyampaikan faedah dari yang akan dicapainya. Selain faktor yang telah disebutkan diatas, faktor pribadi seseorang turut pula memegang peranan dalam pencapaian hasil belajar. Seseorang yang mempunyai sifat kepribadian berkemauan keras dan tekun mempunyai peluang yang besar dalam pencapaian hasil belajar yang maksimal.
Hasil belajar yang maksimal diharapkan dapat terwujud melalui seorang siswa yang merupakan harapan bangsa. Melalui proses pembelajaran siswa diharapkan mampu memperoleh sesuatu yang baru dan dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat disekitarnya. Sistem sosial yang terbentuk mengikat siswa untuk patuh pada norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Demikian halnya di dalam rumah. Keaadaan keluarga secara langsung dapat mempengaruhi siswa untuk dapat mencapai prestasi disekolah. Memasuki masa sekolah akan berhadapan dengan lingkungan baru yang pasti berbeda dengan keadaan dirumah. Ketika siswa berada disekolah maka ia berada dalam sistem sosial sekolah. Guru dan cara mengajarnya dapat mempengaruhi siswa. Seorang guru yang ramah dan baik akan menjadi idola siswa. Hal ini dapat memacu semangat siswa untuk lebih berprestasi disekolah.
Guru dalam proses belajar mengajar masih memegang peranan penting. Namun kehadiran guru saja tidak cukup untuk mencapai hasil belajar yang baik. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang baik penggunaan media mutlak diperlukan. Alat peraga yang menarik minat siswa dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar. Lingkungan dan kesempatan dapat mendukung siswa untuk belajar dirumah dan disekolah. Lingkungan yang mendukung saja tidak cukup untuk siswa tanpa diikuti kesempatan untuk berkarya. Selain faktor-faktor tersebut ada hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu faktor motivasi sosial. Jika guru, orang tua dan teman dapat memberikan motivasi belajar maka siswa akan lebih terpacu semangatnya untuk belajar dan berprestasi.
Dari beberapa faktor yang ada, faktor keluarga sebagai faktor eksternal merupakan faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar anak, karena pendidikan dalam keluarga merupakan fundamen dari pendidikan anak selanjutnya. Hasil-hasil pendididkan yang diperoleh anak dalam keluarga menentukan pendidikan anak itu selanjutnya, baik di sekolah maupun di masyarakat. [2]
Berdasarkan uraian di atas bahwa banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya dari dalam individu dan faktor dari luar individu. Faktor dari dalam individu seperti bakat, kemampuan, minat dan sebagainya. Faktor dari luar individu seperti lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Faktor lingkungan sangat mempengaruhi hasil belajar seorang anak. Lingkungan keluarga sebagai lingkungan yang terdekat bagi anak sangat menentukan bagaimana hasil belajar yang dicapai anak, oleh karena itu keluarga, khususnya orang tua harus memotivasi dan membimbing kegiatan belajar anak dirumah.

RUJUKAN:
[1] Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000), h.102
[2] Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004), h.90

0 comments:

Post a Comment