Thursday, February 2, 2012

ELEMEN-ELEMEN YANG HARUS ADA DI DALAM KATEKESE


ELEMEN-ELEMEN YANG HARUS ADA DI DALAM KATEKESE - Ada elemen-elemen yang harus ada dalam katekse. Pertama, pengalaman umat ditengah kenyataan dunia. Kenyataan dunia merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam katekese karena dengan mengetahui kenyataan dunia dan pengalaman umat di dalamnya, katekese sungguh-sungguh akan lebih bermakna dan menjawab kebutuhan iman umat di tengah tantangan dunia. Umat perlu diajak untuk mengkritisi kenyataan dunia, salah satu caranya dengan ansos sehingga melalui katekese umat dilibatkan untuk mengungkapkan pengalamannya, diajak untuk mengemukakan tanggapan atau pandangannya, serta saling memberi masukan untuk mengusahakan kehidupan yang lebih baik. Dengan membuka mata dan membangun kesadaran akan situasi dunia yang sedang dihadapi melalui katekese harapan akan kehidupan yang lebih baik diwartakan. Katekese menjadikan umat lebih beriman dan membantu umat menemukan Allah dalam setiap pengalaman hidupnya di tengah kenyataan dunia ini.

Kedua, katekese menempatkan umat sebagai yang utama. Umat adalah pihak yang penting dan pelaku utama katekese karena yang berkatekese bukanlah katekisnya tetapi umat itu sendiri yang didorong untuk merefleksikan dan menemukan makna atas pengalaman hidupnya sehingga menjadikan mereka terus menerus berkembang dalam iman dalam hidupnya sehari-hari. Katekese membangun suatu dialog antar umat beriman. Dengan dialog yang terbangun itu umat masuk dalam suasana baru yang penuh kekeluargaan dimana umat saling peduli untuk membantu pergulatan hidup mereka, saling meneguhkan serta memberi harapan, dan saling mendorong umat untuk terlibat aktif dalam mengusahakan kehidupan yang lebih baik yang lebih adil dan sejahtera.

Ketiga, refleksi dan komunikasi pengalaman iman. Katekese mengajak umat untuk merefleksikan pengelaman hidupnya, kemudian  buah-buah refleksi itu kemudian dikomunikasikan sehingga umat saling memperkaya dan saling meneguhkan iman mereka. Komunikasi menjadikan umat membangun suatu komunio atau persekutuan umat beriman. Refleksi mempertemukan pengalaman hidup mereka dengan rahmat Allah, sehingga umat sungguh-sungguh dapat menemukan kehadiran Allah dalam setiap peristiwa hidup mereka sehari-hari.

Keempat, katekese berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Katekese memerlukan suasana yang akrab penuh persaudaraan karena dengan demikian akan terbangun keterbukaan antar umat sehingga umat dapat dengan leluasa mengungkapkan pengalaman imanya, merasa saling diteguhkan, dan saling menerima. Katekese yang berlangsung dalam kekeluargaan akan dapat saling mengembangkan iman setiap umat.

0 comments:

Post a Comment