Monday, February 6, 2012

Definisi Teamwork yang Baik untuk Customer Service Excellence


Definisi Teamwork dan Jenis Teamwork yang Baik untuk Customer Service Excellence

Ø Apa itu Teamwork?

Teamwork adalah sebuah sebuah bentuk kerjasama yang terdiri dari beberapa Sumber Daya Manusia yang berasal dari background yang berbeda, berkedudukan sejajar dan sederajat, eksis di sebuah organisasi / perkantoran untuk menjalankan komitment dan meraih tujuan yang sama.

Ø Bagaimana Teamwork yang baik?

Teamwork yang baik dan terwujud apabila ada kesepahaman, keselarasan, dan persetujuan komitmen dalam bekerja, dan menyatukan langkah untuk meraih tujuan bersama. Ada Sinergi dan Keselarasan dalam setiap aktititas, dan setiap anggota organisasi mau membagi tugas / sharing tugas bersama.

Ø Bagaimana Teamwork dapat mencapai tujuan bersama?

Teamwork dapat mencapai tujuan bersama apabila sudah ditetapkan objective dan targetnya. Ini penting karena segala aktifitas yang berhubungan dengan kerjasama harus terdapat kesepahaman gerak, langkah dan ide-ide kreatif untuk direalisasikan bersama.
Teamwork juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dalam setiap event agar terjadi kesepahaman dan kesatuan pemikiran agar tidak terjadi konflik internal dari dalam Team itu sendiri.
Apabila ada salah satu anggota team mendapatkan masalah, maka harus segera dikomunikasikan kepada anggota-anggota yang lain untuk segera dicarikan solusi bersama, agar mendapatkan langkah dan gerak yang sepadan dan selaras untuk mencapai tujuan bersama.

Ø Bagaimana Teamwork mengatasi hambatan / permasalahan?

Teamwork dapat mengatasi hambatan atau permasalahan yang terjadi di sekitar office, dengan cara Mapping (Pemetaan) permasalahan, kemudian diklasifikasi berdasarkan Level of Urgency to Solution (tingkat penyelesaian segera), kemudian dianalisa sesuai dengan level-nya, agar permasalahan / hambatan tsb diselesaikan dengan baik.


Teamwork yang Baik untuk Customer Service Excellence harus mempunyai prinsip-prinsip Customer-Oriented Service ( Pelayanan yang berpihak kepada keinginan masyarakat / pelanggan).
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan COS (Customer-Oriented Service) :
1.      Berpikir dan Bertindak sebagai Pelayan, bukan Pesuruh / Boss.
2.      Berpikir dan Bertindak sebagai Pengabdi, bukan Raja / Ratu.
3.      Berpikir dan Bertindak Cepat dan Solutif (memberikan solusi) kepada masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan cepat.
4.      Berpikir dan Bertindak Efisien dan Efektif dalam bekerja.
5.      Flexible dan Mandiri dalam bekerja.
6.      Pemberi Jalan Penyelesaian, bukan Penghambat dalam mencari penyelesaian.
7.      Berpikir “Bagaimana Enaknya Solusi Terbaik” ( Think BEST),  bukan berpikir “Bagaimana Prosedur Biasanya yang Dijalani”.
8.      Selalu terlihat bersahabat dan hangat kepada semua level Customer / Masyarakat yang sedang meminta pelayanan, dalam kondisi apapun.
9.      Selalu sigap dan ringan tangan dalam menyelesaikan tugas.
10.  Tidak menunda pekerjaan dan pelayanan kepada masyarakat.

1 comment: