Wednesday, February 1, 2012

DEFINISI PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI


DEFINISI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
Beberapa Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli
  1. PENDIDIKAN adalah hasil peradaban suatu bangsa yang dikembangkan atas dasar pandangan hidup bangsa itu yang diwariskan turun temurun kepada generasi  berikutnya.
  2. PENDIDIKAN menurut LANGEVELD adalah ….pemberian bimbingan dan pertolongan rohani dari orang dewasa kepada mereka yang masih memerlukannya.
  3. PENDIDIKAN menurut CROW dan CROW adalah proses pengalaman yang memeberikan pengertian, pandangan ( insight) dan penyesuaian bagi seseorang yang menyebabkan ia berkembang.
  4. PENDIDIKAN menurut JOHN DEWEY adalah suatu proses pengalaman dan proses yang membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia.
  5. PENDIDIKAN menurut KI HAJAR DEWANTARA adalah daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti ( kekuatan batin, karakter, pikiran, intelek) dari tubuh anak untuk memajukan kehidupan anak didik selaras dengan dunianya.
Beberapa Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli
  1. PEMBELAJARAN menurut KNOWLES adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan.
  2. PEMBELAJARAN menurut SLAVIN didefinisikan sebagai perubahan tingakah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
  3. PEMBELAJARAN menurut CROW dan CROW adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
  4. PEMBELAJARAN menurut RAHIL MAHYUDDIN adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
  5. PEMBELAJARAN menurut ACHJAR CHALIL adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.




Daftar Rujukan:

Qomariah, B.N. ___. Definisi Pendidikan dan PEmbelajaran. Online.

0 comments:

Post a Comment