Monday, February 6, 2012

DEFINISI MASALAH DAN JENIS-JENIS MASALAH


Jika definisi masalah adalah kesenjangan antara target kinerja dan hasil aktual, hal tersebut dapat kita terima, maka dari segi kognitif kita dapat mengelompokkan masalah sebagai berikut:

1. Masalah yang diciptakan (problem to be created),yaitu menetapkan target kinerja yang meningkat secara terus-menerus, kemudian berusaha untuk menyelesaikannya melalui upaya giat terus-menerus. Masalah yang diciptakan ini sering disebut masalah potensial (potential problems) yang baru akan menjadi masalah aktual (actual problems) di masa yang akan datang. Upaya menyelesaikan masalah ini adalah melalui inovasi kreatif (peningkatan radikal dramatik) terus- menerus. Program Lean Six Sigma yang sangat popular sekarang ini merupakan program inovatif untuk solusi masalah yang diciptakan ini.
2.  Masalah yang dirasakan (problems to be perceived), yang berkaitan dengan upaya peningkatan secara bertahap terus-menerus yang bertujuan memperkuat posisi yang sekarang. Penerapan Kaizen dalam organisasi merupakan contoh solusi masalah yang dirasakan ini.
3.   Masalah yang telah terjadi (problems already occurred), yang berkaitan dengan target-target masa lalu yang tidak tercapai atau deviasi dari standar-standar yang ditetapkan.

0 comments:

Post a Comment