Friday, February 3, 2012

CONTOH SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SD 2013 KELAS 5-6

1.  Perbandingan uang Dira, Mira dan Beny adalah 4 : 5 : 7. Jika uang Beny adalah Rp. 350.000,00 maka jumlah uang mereka semua adalah … rupiah.
a.       450.000,00                  
b.      550.000,00                  
c.  600.000,00
d. 800.000,00

2.  Sebuah proyek pembuatan jalan yang dimulai pada awal bulan Februari tahun 2012 memerlukan waktu selama 9 bulan 2 minggu dan 5 hari. Proyek pembuatan jalan tersebut memerlukan … hari.
a.   298               
b. 296                  
c. 294                 
d. 292

3.  Sebuah replica kuno yang berada di museum internasional Prancis telah berusia 23 abad 3 dasawarsa , 3 lustrum dan 8 windu. Usia replica kuno tersebut adalah … tahun.
a.  2.409          
b. 2.368               
c. 268                    
d. 37

4.  Hasil dari 3 km2+ 2 hm2 + 5 dam2 adalah … m2
a. 1.000.000               
b. 1.250.000             
c. 3.250.000                  
d.3.020.500

5. Pak Jaka mempunyai 1,2 ton dan 2,4 kwintal beras dalam gudang penyimpanannya. Diberikan kepada saudara pak Jaka sebanyak 340 pon. Berapa kg beras milik pak Jaka di dalam gudang?
a.  376 kg             
b. 1.270 kg
c. 1.780 kg  
d. 12.700 kg

6.  4 hm + 2000 cm – 3 dam = … m.
a.  2.430            
b. 2007                 
c. 420                    
d. 390

7.  Pak Tiko mempunyai dua petak kebun. Petak pertama seluas 1 ha ditanami jagung dan petak kedua ditanami coklat seluas 14 daa. Berapa m2 luas kebun pak Tiko seluruhnya dalam dam2?
a.  25               
b. 240              
c. 15.000        
d.114.000

8.  Sebuah tangki minyak berisi 5.500 liter minyak tanah yang akan disalurkan ke beberapa agen besar. Agen pertama mendapat bagian 2 1/2 m3 dan agen ke dua mendapat  1.500 dm3. Berapa liter sisa minyak dalam tangki setelah pembagian?
a.  1.500 liter      
b.  2.000 liter                             
c. 3.500 liter
d. 4.500 liter

9. Sebuah petak sawah berbentuk persegi dengan luas 289 m2 . Keliling sawah tersebut adalah …
a.  17 m                
b. 34 m                
c. 68 m                 
d.  1.156 m

10.   berapakah luas lingkaran dalam m2 jika diketahui diameternya adalah 0,1 dam?
a.       0,0134 m2                               c. 3,14 m2
b.      0.00785 m2                               d. 0,785 m2

11.   Kelipatan Persekutuan Terkecil dari 168, 56, dan 24 adalah …
a.       1.176               
b.   168               
c.    24                  
d.   8

12.   1/2 abad + 3 Dasawarsa - 2 Windu + 1 lustrum = …Tahun
a.       2 1/2         
b.   69                            
c.   101           
d.   535

13.   Faktor Persekutuan Terbesar dari bilangan 168, 56, dan 24 adalah … adalah …
a.       1.176               
b.   168               
c.    24                  
         d.   8

14.   Akar pangkat 3 dari bilangan 13.824 adalah...
a.       14                   c. 34
b.   24                    d. 44

15.   12.672 + 2n= 24.396; maka nilai n adalah …
a.       11.688                           c. 16.332
b.      12.312                           d. 37.032

16.   Sebuah balok dengan panjang 8 cm, lebar 6 cm dan tinggi 4 cm. berapakah luas permukaan balok tersebut?
a.       104                                 c. 208
b.      196                                 d. 284

17.   Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dengan panjang 24 m. keliling tanah tersebut adalah 72 m. maka luas tanah tersebut adalah …
a.       96 m2                                           c. 556 m2
b.      288 m2                                        d. 1.728 m2

18.   Sebuah kaleng berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tingginya 12 cm. Maka volume tabung tersebut adalah …
a.       144 cm2                                     c. 1.848 cm2
b.      168 cm2                                     d. 2.696 cm2

19.   Seorang pedagang mempunyai 5 gulungan kain. 3 gulungan panjangnya 24 meter, 1 gulungan panjangnya 23 meter dan sisanya 16 meter. Kemudian seorang konsumen membeli  kain tersebut dengan panjang 46,6 meter. Berapakah sisa kain pedagang itu?
a.       64,4 m                           c. 116 m
b.      111 m                            d. 174,6 m

Kunci Jawabannya dan penjelasan tiap nomornya di link berikut:

1. Kunci Jawaban dan Penjelasan Nomor 1 - 5, baca DI SINI 

2. Kunci Jawaban dan Penjelasan Nomor 6 - 10, baca DI SINI

3.  


Baca juga artikel mengenai soal-soal Olimpiade Sains 2012 untuk kelas 5 dan 6 dan juga untuk kelas 3 dan 4. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan dan kesan atau testimoni anda lewat kota komentar di bawah ini.

18 comments:

  1. gan soal di atas ada kunci jawabannya gg...???

    ReplyDelete
  2. soalnya bisa di download ga?

    ReplyDelete
  3. thank gan, postingnya. sangat membantu waktu saya... makasih ya gan

    ReplyDelete
  4. gan, ada prediksi tes masuk SMP gx gan?? lok ada posting ya... follback ya gan

    ReplyDelete
  5. Selamat siang, Kami mahasiswa SSE (Sampoerna School of Education) ingin berbagi info. Comath adalah kegiatan yang dilakukan oleh kami, sebagai bentuk inovasi dan kontribusi kepada masyarakat. Kegiatan tersebut telah berlangsung sejak tahun 2010, dan 2011 dengan kegiatan lomba cerdas cermat. Oleh karena itu pada tahun 2012 kami memberikan inovasi baru yakni kegiatan comath 2012 tidak hanya mencakup lomba cerdas cermat, tetapi akan diadakan lomba menggambar, dan seminar PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Participant untuk LCC dan menggambar adalah 4,5,6 sd, sedangkan untuk seminar PMRI adalah Guru dan mahasiswa.Kegiatan Comath 2012 tak hanya menantang anak untuk berfikir, tetapi menfasilitasi anak untuk menyampaikan perasaannya terhadap matematika. Dengan keikutsertaan para pendidik atau calon pendidik diharapkan tidak hanya murid yang belajar mengenai matematika yang real, namun pendidik juga mampu membawa atmosfer pembelajaran matematika yang nyata ke dalam kelas.

    Info lebih lanjut klik website : comathsse.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. kok gampang banget sih? kyk bkn soal olimpiade aja...

    ReplyDelete
  7. Trims soalnya... bis sebagai bahan pelajaan ankku.

    ReplyDelete
  8. soalnya terlalu mudah,bisa buat soal yang lebih susah lagi gak buat kelas VI SD ???

    ReplyDelete
  9. mampir yah yang hobi mat
    mathfact.wordpress.com

    ReplyDelete
  10. Ijin menyimak utuk belajar mas

    ReplyDelete
  11. soalnya terlalu mudah!!!!!
    ada yang lebih susah gak????

    ReplyDelete
  12. Ada soal yang buat olimpiade Matematika gak???

    ReplyDelete
  13. galuh nagh hardcoreApril 13, 2013 at 5:31 AM

    doain biar sampe babak final
    deg deg gan mau olimpiade mat and sains

    ReplyDelete
  14. Info yang sangat bermanfaat, bisa dijadikan acuan agar adik-adik bisa lebih banyak berlatih dengan soal-soal seperti ini

    ReplyDelete
  15. ada soal yg benar2 soal OLYMPIADE?

    ReplyDelete
  16. mudah mudahan soal yg aku pelajari di sini masuk ke olympiade yang akan di kerjakan :)

    ReplyDelete