Monday, February 6, 2012

6M PENYEBAB TERJADINYA MASALAH DALAM HIDUP


PENYEBAB MASALAH - Dalam kehidupan setiap manusia, so pasti kita pernah mengalami atau melihat suatu permasalahan dalam hidup atau lingkungan sekitar kita, baik di dunia kerja, masyarakat, sekolah dan lain sebagainya. Namun kadang kita tidak selalu menyadari pangkal dari permasalahan itu sendiri. Nah, bagaimana mau menyelesaikan masalah apabila pangkal persoalan masalah tersebut tidak kita ketahui. 

Well, beberapa ahli mengatakan bahwa setiap masalah itu biasanya terjadi karena faktor 6M. Apakah 6M itu? berikut kita simak bersama-sama:

  1. Manpower (tenaga kerja) : M yang pertama adalah Man Power atau tenaga kerja yang berkaitan dengan kekurangan pengetahuan (tidak terlatih, tidak berpengalaman), kekurangan dalam keterampilan dasar yang berkaitan dengan mental dan fisik, kelelahan, stress, ketidakpedulian dll.
  2. Machines (mesin dan peralatan) : berkaitan dengan tidak adanya sistem perawatan preventif terhadap mesin – mesin produksi, termasuk fasilitas dan peralatan lain, ketidaksesuaian mesin dengan spesifikasi tugas, mesin tidak dikalibrasi, terlalu complicated, terlalu panas, dll.
  3. Methods ( metode kerja) : berkaitan dengan prosedur dan metode kerja yang tidak benar, tidak jelas, tidak diketahui, tidak terstandardisasi, tidak cocok, dll.
  4. Materials (bahan baku dan bahan penolong) : berkaitan dengan ketiadaan spesifikasi kualitas bahan baku dan bahan penolong yang digunakan, ketidaksesuaian dengan spesifikasi kualitas bahan baku dan bahan penolong yang ditetapkan, ketiadaan penanganan yang efektif terhadap bahan baku dan bahan penolong, dll.
  5. Media : berkaitan dengan tempat dan waktu kerja yang tidak memperhatikan aspek-aspek kebersihan, kesehatan dan keselamatan kerja, dan lingkungan kerja yang kondusif, kekurangan dalam lampu penerangan, ventilasi yang buruk, kebisingan yang berlebihan, dll.
  6.  Motivation ( motivasi ) : berkaitan dengan ketiadaan sikap kerja yang benar dan professional (tidak kreatif, bersikap reaktif, tidak mampu bekerjasama dalam tim, dll), yang dalam hal ini disebabkan oleh sistem balas jasa dan perhargaan yang tidak adil kepada tenaga kerja.

 Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Jufry s'mua yachh...

(dari berbagai sumber)

0 comments:

Post a Comment