Monday, January 23, 2012

Tebak Kata [Guessing Word] Model Pembelajaran


Tebak Kata
Media
-          Buat kartu ukuran 10 x 10 cm dan isilah cirri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah)pada kartu yang ingin dicetak.
-          Buat kartu ukuran 5 x 2 cm untuk menulis kata/istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempatkan pada dahi.diselipkan di telinga).
Langkah-langkah:
a.       Jelaskan materi + 45 menit
b.       Seluruh siswa berdiri di depan kelas dan berpasangan
c.       Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa lainnya diberi kartu ukuran 5 x 2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilihat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
d.       Sementara siswa membawa kartu 10 x 10 cm membacakan kata-kata yang tertulis di dalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud pada kartu 10 x 10 cm. jawaban yang tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempel di dahi.
e.       Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis pada kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan maka boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
f.        Dan seterusnya
Contoh Kartu:
1.       Perusahaan ini tanggungjawabnya tidak terbatas
2.       dimiliki oleh satu orang
3.       struktur organisasinya tidak resmi
4.       bila untuk dimiliki diambil sendiri
Nah siapakah aku?
Jawaban : PERUSAHAAN PERSEORANGAN

1 comment: