Sunday, January 22, 2012

Pendekatan Inkuiri (Inquiry) | Model Pembelajaran


Pendekatan Inkuiri (Inquiry)

Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri/penemuan, siswa didorong untuk belajar melalui pengalaman (keterlibatan aktif dengan konsep-konsep/prinsip), guru mendorong siswa untuk memiliki pengalaman dengan melakukan percobaan/eksperimen yang memungkinkan mereka menemukan konsep/prinsip untuk diri mereka.
a.       Observasi/pengamatan: ditentukan objek observasi dari tema/topic mata pelajaran tertentu
b.       Bertanya: siswa mengajukan berbagai macam pertanyaan dalam observasi dan dapat dari berbagi sudut/bidang ilmu
c.       Hipotesis: (mengajukan dugaan) merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dari berbagai bidang ilmu yang relevan.
d.       Pengumpulan data : data dan fakta yang dicari didapatkan oleh siswa digunakan untuk pembuatan presiksi, perumusan hipotesis, pengembangan pengujian hipotesis, pembuatan observasi lanjutan, penciptaan teori dan model-model konsep.
e.       Penyimpulan : membuat kesimpulan dan hasil observasi yang telah melalui proses bertanya jawab dengan macam hipotesis dan uji hipotesis.
-          Pertanyaan – pertanyaan (dari berbagai bidang ilmu)
-          Jawaban : Prediksi – hipotesis / uji hipotesis – observasi lanjutan – penciptaan teori dan model-model berdasar data dan fakta pengetahuan (dari berbagai bidang ilmu)
-          Penyimpulan dari hasil Observasi (dari berbagai bidang ilmu)

0 comments:

Post a Comment