Tuesday, January 31, 2012

MENGKONSTRUKSI PENGETAHUAN MENURUT VON GLASERFELD (1989)


Menurut Von Glaserfeld (1989) agar siswa mampu mengkonstruksi pengetahuan maka diperlukan:
1.     Kemampuan siswa untuk mengingat dan mengungkapkan kembali pengalaman.Kemampuan untuk mengingat dan mengungkapkan kembali pengalaman sangat penting karena pengetahuan dibentuk berdasarkan interaksi individu siswa dengan pengalaman-pengalaman tersebut.
2.     Kemampuan siswa untuk membandingkan,dan mengambil keputusan mengenai persamaan dan perbedaan suatu hal. Kemampuan membandingkan sangat penting agar siswa mampu menarik sifat yang lebih umum (merapatkan) dari pengalaman-pengalaman khusus serta melihat kesamaan dan perbedaannya untuk selanjutnya membuat klasifikasi dan mengkonstruksi pengetahuannya.
3.     Kemampuan siswa untuk lebih menyukai pengalaman yang satu dari pada yang lain (selective conscience) melalui “suka dan tidak suka” inilah muncul penilaian siswa terhadap pengalaman,dan menjadi landasan bagi pembentukan pengetahuannya.

0 comments:

Post a Comment