Saturday, January 28, 2012

IMPLEMENTASI PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SILABUS BAHASA INDONESIA SMP


IMPLEMENTASI PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SILABUSBAHASA INDONESIA SMP - Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok, Kegiatan pembelajaran, Alokasi Waktu, Sumber Belajar,  dan Penilaian. Silabus pada dasarnya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut.
1.    Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai dengan yang dirumuskan oleh  Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
2.    Materi Pokok apa sajakah yang perlu dibahas dan dipelajari peserta didik untuk mencapai Standar Isi.
3.    Kegiatan pembelajaran yang bagaimanakah yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan objek belajar.
4.    Indikator apa sajakah yang harus ditentukan untuk mencapai Standar Isi.
5.    Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.
6.    Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
7.    Sumber Belajar apa sajakah yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
Silabus dikembangkan dengan berpegang pada prinsip sebagai berikut.
1.    Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertangungjawabkan secara keilmuan.
2.    Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.
3.    Sistematis
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
4.    Konsisten
Ada hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.
5.    Memadai
Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapain kompetensi dasar.
6.    Aktual dan Kontekstual
Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
7.    Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi variasi peserta didik, pendidikan, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.  Sementara itu, materi ajar ditentukan berdasarkan dan atau memperhatikan kultur daerah masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar kehidupan peserta didik tidak tercerabut dari lingkungannya.
8.    Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
9.    Desentralistik
Pengembangan silabus ini bersifat desentralistik.  Maksudnya bahwa kewenangan pengembangan silabus bergantung pada daerah masing-masing, atau bahkan sekolah masing-masing. 
Silabus Pembelajaran memuat sekurang-kurangnya komponen-komponen berikut ini.
1.   Identitas Silabus Pembelajaran
2.   Standar Kompentensi
3.   Kompetensi Dasar
4.   Materi Pembelajaran
5.   Kegiatan Pembelajaran
6.   Indikator Pencapaian Kompetensi
7.   Penilaian
8.   Alokasi Waktu
9.   Sumber Belajar
                                    Untuk menyusun silabus berbasis pendidikan karakter, sebaiknya terlebih dahulu ditempuh cara-cara berikut ini: (1) mengkaji Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada Standar Isi (SI) untuk menentukan nilai-nilai karakter bangsa yang cocok dengan kompetensi tersebut dan (2) memetakan keterkaitan antara SK/KD/kompetensi dengan nilai dan indikator untuk menentukan nilai yang akan dikembangkan. Berikut ini contoh pilihan nilai karakter dan indikator untuk menentukan nilai yang dikembangkan di SMP dan SMA.



















  

Kegiatan pemetaan indikator pencapain nilai karakter dapat dilakukan seperti contoh berikut ini.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai Karakter
Indikator Pencapaian Nilai Karakter
Mendengarkan
1.       Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita  

1.1   Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat  
Rasa ingin tahu

Menunjukkan
pengkajian yang serius
terhadap isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
Menghargai prestasi

Mengerjakan tugas dari guru berupa mencatat pokok-pokok isi dan menyimpulkan  isi berita yang dibacakan dengan sebaik-baiknya.

Untuk menghasilkan silabus berkarakter, setidak-tidaknya perlu dilakukan perubahan pada tiga komponen silabus berikut.
1) Penambahan dan/atau modifikasi indikator pencapaian sehingga ada indikator yang terkait dengan pencapaian peserta didik dalam hal karakter.
a.    Penambahan indikator dapat dilakukan dengan car a menambahkan nilai karakter dalam indikator afektif.  Dengan demikian, indikator nanti akan terbagi dalam indikator kognitif, psikomotorik, dan afektif. Sebagai contoh rumusan indikator afektif: Perilaku Berkarakter: menunjukkan perilaku jujur, peduli, dan tanggungjawab; Perilaku Sosial: menunjukkan perilaku menghormati orang lain dan santun.
b.    Modifikasi indikator dapat dilakukan dengan menyisipkan pendidikan karakter dalam rumusan indikator yang sudah ada. Sebagai contoh rumusan indikator: menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan percaya diri.
2) Penambahan dan/atau modifikasi kegiatan pembelajaran sehingga ada kegiatan pembelajaran yang mengembangkan karakter.
     Sebagai contoh kegiatan pembelajaran yang mengembangkan karakter adalah dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Pada dasarnya pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru dalam mengkaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata, dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan mereka. Pembelajaran kontekstual menerapkan sejumlah prinsip belajar. Prinsip-prinsip tersebut secara singkat dijelaskan berikut ini.
a.    Konstruktivisme (Constructivism)
Konstrukstivisme adalah teori belajar yang menyatakan bahwa orang menyusun atau membangun pemahaman mereka dari pengalaman-pengalaman baru berdasarkan pengetahuan awal dan kepercayaan mereka. Dalam proses pembelajaran, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif dalam proses belajar mengajar. Siswa menjadi pusat kegiatan, bukan guru. Pembelajaran dirancang dalam bentuk siswa bekerja, praktik mengerjakan sesuatu, berlatih secara fisik, menulis karangan, mendemonstrasikan, menciptakan gagasan, dan sebagainya. Tugas guru dalam pembelajaran konstruktivis adalah memfasilitasi proses pembelajaran dengan: (1) menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa, (2)  memberi kesempatan siswa menemukan dan menerapkan idenya sendiri,  dan (3) menyadarkan siswa agar menerapkan strategi mereka sendiri dalam belajar.  Penerapan teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran dapat mengembangkan berbagai karakter, antara lain berfikir kritis dan logis, mandiri, cinta ilmu, rasa ingin tahu, menghargai orang lain, bertanggung jawab, dan percaya diri.
b.    Bertanya (Questioning)
Penggunaan pertanyaan untuk menuntun berpikir siswa lebih baik daripada sekedar memberi siswa informasi untuk memperdalam pemahaman siswa. Siswa belajar mengajukan pertanyaan tentang fenomena, belajar bagaimana menyusun pertanyaan yang dapat diuji, dan belajar untuk saling bertanya tentang bukti, interpretasi, dan penjelasan. Pertanyaan digunakan guru untuk Dalam pembelajaran yang produktif, kegiatan bertanya berguna untuk: (1)  menggali informasi, baik teknis maupun akademis, (2) mengecek pemahaman siswa, (3) membangkitkan respon siswa, (4) mengetahui sejauh mana keingintahuan siswa, (5)  mengetahui hal-hal yang sudah diketahui siswa, (6) (f) memfokuskan perhatian siswa pada sesuatu yang dikehendaki guru, dan (7) menyegarkan kembali pengetahuan siswa. Pembelajaran yang menggunakan pertanyaan-pertanyaan untuk menuntun siswa mencapai tujuan belajar dapat mengembangkan berbagai karakter, antara lain berfikir kritis dan logis, rasa ingin tahu, menghargai pendapat orang lain, santun, dan percaya diri.
c.    Inkuiri (Inquiry)
Inkuiri adalah proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman, yang diawali dengan pengamatan dari pertanyaan yang muncul. Jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut didapat melalui siklus menyusun dugaan, menyusun hipotesis, mengembangkan cara pengujian hipotesis, membuat pengamatan lebih jauh, dan menyusun teori serta konsep yang berdasar pada data dan pengetahuan. Di dalam pembelajaran berdasarkan inkuiri, siswa belajar menggunakan keterampilan berpikir kritis saat mereka berdiskusi dan menganalisis bukti, mengevaluasi ide dan proposisi, merefleksi validitas data, memproses, membuat kesimpulan. Kemudian menentukan bagaimana mempresentasikan dan menjelaskan penemuannya, dan menghubungkan ide-ide atau teori untuk mendapatkan konsep. Langkah-langkah kegiatan inkuiri: (1) merumuskan masalah (dalam mata pelajaran apapun), (2) mengamati atau melakukan observasi, (3) m) Menganalisis dan menyajikan hasil dalam tulisan, gambar, laporan, bagan, tabel, dan karya lain, (4) mengkomunikasikan atau menyajikan hasil karya pada pembaca, teman sekelas, guru, atau yang lain. Pembelajaran yang menerapkan prinsip inkuiri dapat mengembangkan berbagai karakter, antara lain berfikir kritis, logis, kreatif, dan inovatif, rasa ingin tahu, menghargai pendapat orang lain, santun, jujur, dan tanggung jawab.
d.     Masyarakat Belajar (Learning Community)
Masyarakat belajar adalah sekelompok siswa yang terikat dalam kegiatan belajar agar terjadi proses belajar lebih dalam. Semua siswa harus mempunyai kesempatan untuk bicara dan berbagi ide, mendengarkan ide siswa lain dengan cermat, dan bekerjasama untuk membangun pengetahuan dengan teman di dalam kelompoknya. Konsep ini didasarkan pada ide bahwa belajar secara bersama lebih baik daripada belajar secara individual. Masyarakat belajar bisa terjadi apabila ada proses komunikasi dua arah. Seseorang yang terlibat dalam kegiatan masyarakat belajar memberi informasi yang diperlukan oleh teman bicaranya dan sekaligus juga meminta informasi yang diperlukan dari teman belajarnya. Kegiatan saling belajar ini bisa terjadi jika tidak ada pihak yang dominan dalam komunikasi, tidak ada pihak yang merasa segan untuk bertanya, tidak ada pihak yang menganggap paling tahu. Semua pihak mau saling mendengarkan. Praktik masyarakat belajar terwujud dalam: (1) pembentukan kelompok kecil, (2) pembentukan kelompok besar, (3) mendatangkan „ahli ke kelas (tokoh, olahragawan, dokter, petani, polisi, dan lainnya), (4) bekerja dengan kelas sederajat, (5) bekerja kelompok dengan kelas di atasnya, (6) bekerja dengan masyarakat . Penerapan prinsip masyarakat belajar di dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan berbagai karakter, antara lain kerjasama, menghargai pendapat orang lain, santun, demokratis, patuh pada aturan sosial, dan tanggung jawab.
e.     Pemodelan (Modeling)
Pemodelan adalah proses penampilan suatu contoh agar orang lain berpikir, bekerja, dan belajar. Pemodelan tidak jarang memerlukan siswa untuk berpikir dengan mengeluarkan suara keras dan mendemonstrasikan apa yang akan dikerjakan siswa. Pada saat pembelajaran, sering guru memodelkan bagaimana agar siswa belajar. Guru menunjukkan bagaimana melakukan sesuatu untuk mempelajari sesuatu yang baru. Guru bukan satu-satunya model. Model dapat dirancang dengan melibatkan siswa. Contoh praktik pemodelan di kelas: (1) guru memberi contoh pembacaan puisi yang tepat, (2) siswa memerankan tokoh antagonis dalam suatu cerita, (3) guru mendemonstrasikan cara membuat puisi dengan model emind-map. emodelan dalam pembelajaran antara lain dapat menumbuhkan rasa ingin tahu, menghargai orang lain, dan rasa percaya diri.
f.     Refleksi (Reflection)
Refleksi memungkinkan cara berpikir tentang apa yang telah siswa pelajari dan untuk membantu siswa menggambarkan makna personal siswa sendiri. Di dalam refleksi, siswa menelaah suatu kejadian, kegiatan, dan pengalaman serta berpikir tentang apa yang siswa pelajari, bagaimana merasakan, dan bagaimana siswa menggunakan pengetahuan baru tersebut. Refleksi dapat ditulis di dalam jurnal, bisa terjadi melalui diskusi, atau merupakan kegiatan kreatif seperti menulis puisi atau membuat karya seni.  Realisasi refleksi dapat diterapkan, misalnya pada akhir pembelajaran guru menyisakan waktu sejenak agar siswa melakukan refleksi. Hal ini dapat berupa: (1) pernyataan langsung tentang apa-apa yang diperoleh siswa hari ini, (2) catatan atau jurnal di buku siswa, (3) kesan dan saran siswa mengenai pembelajaran hari ini, (4) diskusi, (5) hasil karya. Refleksi dalam pembelajaran antara lain dapat menumbuhkan kemampuan berfikir logis dan kritis, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri, dan menghargai pendapat orang lain.
a.    Penilaian Autentik (Authentic Assessment)
Penilaian autentik sesungguhnya adalah suatu istilah yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif. Berbagai metode tersebut memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya untuk menyelesaikan tugas-tugas, memecahkan masalah, atau mengekspresikan pengetahuannya dengan cara mensimulasikan situasi yang dapat ditemui di dalam dunia nyata di luar lingkungan sekolah. Berbagai simulasi tersebut semestinya dapat mengekspresikan prestasi (performance) yang ditemui di dalam praktek dunia nyata seperti tempat kerja. Penilaian autentik seharusnya dapat menjelaskan bagaimana siswa menyelesaikan masalah dan dimungkinkan memiliki lebih dari satu solusi yang benar. Strategi penilaian yang cocok dengan kriteria yang dimaksudkan adalah suatu kombinasi dari beberapa teknik penilaian. Penilaian autentik dalam pembelajaran dapat mengembangkan berbagai karakter antara lain kejujuran, tanggung jawab, menghargai karya dan prestasi orang lain, kedisiplinan, dan cinta ilmu.
3) Penambahan dan/atau modifikasi teknik penilaian sehingga ada teknik penilaian yang dapat mengembangkan dan/atau mengukur perkembangan karakter.
     Penambahan nilai karakter dapat dilakukan dengan cara menambahkan teknik penilaian tersendiri yaitu menilai karakter yang berkaitan erat dengan kompetensi. Misalnya untuk menilai karakter kerjasama dan kedisiplinan, guru menggunakan teknik observasi. Dengan demikian, untuk bisa melakukan penilaian jenis ini, guru mengembangkan panduan observasi. Sedangkan modifikasi dapat dilakukan dengan cara menyisipkan penilaian karakter dalam teknik penilaian yang sudah ada.

0 comments:

Post a Comment